Gaza: Pembangkit Listrik Mati Total, 1500 Pasien Tak Bisa Berobat

17 March 2014, 10:03.

JALUR GAZA, Senin (IMEMC | PIC): Satu-satunya pembangkit listrik di Gaza kemarin (16/3) berhenti beroperasi karena kehabisan bahan bakar. Bahan bakar tidak bisa masuk karena penjajah zionis ‘Israel’ dan Mesir menutup seluruh akses penyeberangan barang setelah adanya serangan roket ke ‘Israel’. Menteri Pertahanan ‘Israel’, Moshe Yaalon, memerintahkan penutupan perbatasan Kerem Shalom dan Erez sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Pembangkit listrik yang menyuplai 30 persen kebutuhan listrik di Gaza ini telah beberapa kali terpaksa ditutup, terutama pada November-Desember 2013 lalu. “Pembangkit listrik kini benar-benar berhenti berfungsi karena kekurangan bahan bakar yang disebabkan ditutupnya perbatasan Kerem Shalom,” kata Fathi Al-Sheikh Khalil, wakil direktur Kementerian Energi di wilayah Palestina yang dipimpin gerakan Islam Hamas.

Jalur Gaza dikepung total oleh ‘Israel’ sejak tahun 2006 dan mengakibatkan krisis ekonomi dan sosial yang parah. Meskipun Mesir sempat melonggarkan pengepungan tersebut selama pemerintahan presiden terpilih Mohamed Mursi, namun kini kembali mengetat sejak rezim militer Mesir berkuasa.

Unjuk Rasa Pasien

Gerbang perbatasan Rafah yang telah ditutup selama 36 hari memicu unjuk rasa masyarakat Palestina yang sedang dalam keadaan sakit atau terluka. Unjuk rasa tersebut dilakukan di depan gedung kedutaan Mesir pada Sabtu (15/3) lalu. Terdapat 1.500 pasien sakit dan terluka yang menjadi terkatung-katung karena tidak bisa berobat ke luar Gaza sementara fasilitas kesehatan di Gaza sangat terbatas.

Jurubicara unjuk rasa mengatakan, “Jangan sampai rezim militer Mesir saat ini mempengaruhi pendapat rakyat Mesir dan sejarah mulia dari negara Mesir, karena Kairo selama ini selalu menjadi pendukung besar terhadap Palestina.”

Jurubicara tersebut juga menegaskan bahwa para pengunjuk rasa, orang-orang yang terluka dan tidak bisa mencari pengobatan, tidak akan memaafkan siapa pun yang mendukung dalam pengepungan Gaza. * (IMEMC | PIC | Sahabat Al-Aqsha)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina - Mendobrak Tembok Gaza

« Ormas Yahudi Ngotot Rayakan Purim di Masjidil Aqsha, Pasukan Penjajah Serang Jama’ah
Penjajah ‘Israel’ Tebang dan Racuni Jutaan Pohon Zaitun Palestina »