Dukung Perjuangan Rakyat Palestina, Serikat Pekerja Norwegia Boikot ‘Israel’

15 May 2017, 14:12.
Foto: Paltimes.net

Foto: Paltimes.net

NORWEGIA, Senin (Paltimes.net | WAFA): Stasiun TV ‘Israel’ berbahasa Ibrani Channel 20 memberitakan bahwa Konfederasi Serikat Buruh Norwegia (LO) memutuskan memboikot penuh ‘Israel’ sejak Ahad (14/5). Hal itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas kepada rakyat Palestina agar mendapatkan hak-haknya sesuai hukum internasional.

LO merupakan serikat buruh terbesar dan paling berpengaruh di Norwegia yang menaungi satu juta pekerja. Komite Nasional Boikot, Divestasi dan Sanksi (BNC) Palestina menyambut baik keputusan LO. Riya Hassan, koordinator kampanye Eropa dengan BNC menyatakan, dukungan penuh LO atas “boikot ekonomi, budaya dan akademik ‘Israel’” merupakan “sarana penting untuk meraih hak-hak fundamental rakyat Palestina, termasuk hak untuk kembali para pengungsi dan persamaan hak bagi warga Palestina.”

BNC menyatakan, pihaknya berharap bisa berkoordinasi erat dengan mitra Norwegia di LO, khususnya Fagforbundet, untuk mewujudkan kebijakan baru ini menjadi langkah-langkah yang efektif pada tingkat akademik, budaya dan ekonomi untuk menegakkan hak asasi manusia dan hukum internasional. “Kami juga meminta kepada LO untuk menekan pemerintah Norwegia agar mengakhiri seluruh hubungan militernya dengan rezim penindasan ‘Israel’ dan mencabut dananya dari seluruh perusahaan yang terlibat dengan penjajahan ‘Israel’ dan perusahaan permukiman ilegal Yahudi.”

Dengan langkah ini, LO bergabung dengan sejumlah federasi buruh terpenting di dunia, termasuk COSATU Afrika Selatan, CUT Brazil, CSN Quebec dan ICTU Irlandia, ”dalam menyerukan tekanan BDS atas perusahaan-perusahaan dan lembaga-lembaga yang telah memungkinkan puluhan tahun penjajahan ‘Israel’, kolonialisme pemukim ilegal Yahudi dan apartheid,” ungkap BNC dalam pernyataan tertulisnya.

Komite Nasional BDS (BNC) Palestina merupakan koalisi terbesar dalam masyarakat sipil Palestina, yang mengarahkan dan mendukung gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi global.* (Paltimes.net | WAFA | Sahabat Al-Aqsha/Dul)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Pendiri Gerakan Islam di Wilayah Palestina Terjajah Wafat
Jumlah Pemukim Ilegal Yahudi di Baitul Maqdis Bertambah Pesat »