DPR Afrika Selatan Tolak Temui Delegasi ‘Israel’

8 August 2017, 17:29.
Foto: Middle East Monitor

Foto: Wikipedia

LONDON, Selasa (Middle East Monitor): Parlemen Afrika Selatan menolak bertemu dengan delegasi ‘Israel’ yang berencana mengunjungi anggota dewan negara tersebut di Cape Town. Kunjungan yang direncanakan oleh delegasi ‘Israel’ itu ditolak partai mendiang Nelson Mandela yang berkuasa, ANC, yang memiliki anggota mayoritas di parlemen dengan 249 kursi dari 400 kursi di dewan.

Mengomentari penolakan ANC, Mandla Mandela, cucu Nelson Mandela, menyatakan: “Kami menghargai keputusan parlemen yang menolak kunjungan delegasi parlemen ‘Israel’. Dengan melakukan hal tersebut berarti parlemen tetap setia pada komitmen Madiba (nama marga Mandela) untuk membela Palestina.” Mandla, yang merupakan anggota parlemen, juga menyatakan terima kasih dan apresiasi kepada kaukus parlemen ANC atas pendirian teguh dan ketegasannya menolak undangan ‘Israel’.

Keputusan tersebut disambut baik oleh sejumlah organisasi, kelompok HAM dan partai-partai politik. Organisasi HAM dan solidaritas Palestina, BDS Afrika Selatan, merupakan satu di antara kelompok-kelompok yang menyambut baik penghinaan terhadap ‘Israel’ itu.

Dalam keterangan persnya BDS Afrika Selatan mengungkapkan: “Tentu saja, rakyat Afrika Selatan, melalui parlemen kami, telah mengatakan –Afrika Selatan membela rakyat Palestina yang berjuang untuk mengakhiri apartheid, penjajahan dan penindasan ‘Israel’.”

“Kami yakin bahwa di tengah penindasan ‘Israel’, rakyat Palestina, ketika mereka mendengar aksi solidaritas ini dari Afrika Selatan, akan memperoleh kekuatan dan motivasi,” ungkap BDS.

Perihal keputusan parlemen, federasi serikat buruh terbesar Afrika Selatan, COSATU, memperingatkan bahwa: “Kita menyadari bahwa beberapa partai oposisi dan individu tertentu akan berusaha untuk menggagalkan keputusan parlemen ini dan tetap bersahabat dengan delegasi ‘Israel’.” * (Middle East Monitor | Sahabat Al-Aqsha)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Serdadu Zionis Serang Jamaah Masjidil Aqsha, Tangkap Penjaga Masjid dan Lukai Lainnya
Lagi, Arab Saudi Gratiskan Haji 1.000 Anggota Keluarga Syuhada dan Tawanan Palestina »