Trump Klaim Baitul Maqdis Sebagai Ibukota ‘Israel’

7 December 2017, 09:53.
Presiden AS Donald Trump: “Ini tak lain hanya mengakui kenyataan.” Foto: Issam Rimawi/Anadolu Agency

Presiden AS Donald Trump: “Ini tak lain hanya mengakui kenyataan.” Foto: Issam Rimawi/Anadolu Agency

LONDON, Kamis (Middle East Monitor): Amerika Serikat secara resmi mengakui Baitul Maqdis sebagai ibukota ‘Israel’. Presiden Donald Trump mengumumkan hal itu kemarin (6/12) tanpa memedulikan tentangan publik internasional. Ia juga memerintahkan Departemen Luar Negeri AS untuk mulai merelokasi kedutaan besar Amerika dari Tel Aviv ke Baitul Maqdis.

“Pengumuman saya hari ini menandai mulainya pendekatan baru terhadap konflik antara ‘Israel’ dan Palestina,” kata Trump saat berpidato di Gedung Putih.

“Tentu saja akan ada pertentangan dan perbedaan pendapat terhadap pengumuman ini, tapi kami yakin bahwa akhirnya, ketika kita berupaya melewati pertentangan-pertentangan itu, kita akan sampai di tempat dengan pemahaman lebih baik dan kerja sama,” katanya. “Ini tidak lain hanyalah pengakuan atas kenyataan.”

Keputusan Trump itu menempatkan Amerika Serikat berselisih dengan kebijakan Amerika selama puluhan tahun, serta komunitas internasional, kecuali ‘Israel’. Selama ini, tidak ada negara yang kedutaan besarnya di Baitul Maqdis.

Langkah kontroversial Trump ini hampir pasti untuk menggelincirkan pembicaraan perdamaian antara Palestina dan ‘Israel’. Karena, warga Palestina akan menjadikan Timur Baitul Maqdis yang dijajah ‘Israel’ sejak tahun 1967 sebagai ibukota negara mereka di masa depan.

Para pemimpin Palestina telah menyerukan tiga “hari kemarahan” untuk menentang keputusan Trump.* (Middle East Monitor | Sahabat Al-Aqsha)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Hamas Hargai Sikap Erdogan Terkait Baitul Maqdis
Ulama Palestina Serukan Perlawanan dengan Syiar Al-Quran dan As-Sunnah, serta Panji Rasulullah Sebagai Simbolnya »