Netanyahu Ingin Mesir Berikan Tanah di Sinai untuk Palestina

12 January 2018, 14:22.
Foto: Reuters

Foto: Reuters

LONDON, Jum’at (Middle East Monitor): PM Benyamin Netanyahu kabarnya meminta pemerintahan Obama untuk mempertimbangkan rencana memberikan warga Palestina tanah di Sinai sebagai ganti Tepi Barat. Demikian pemberitaan surat kabar ‘Israel’, Haaretz.

Menurut sejumlah pejabat AS yang tak disebutkan namanya, otoritas ‘Israel’ mendekati presiden AS saat itu, Barack Obama, dan Wakil Presiden John Kerry dengan usulan tersebut dalam berbagai kesempatan, yang akan memungkinkan ‘Israel’ mencaplok besar-besaran daerah-daerah di Tepi Barat. “Kami pikir ide itu buang-buang waktu,” kata salah seorang pejabat tersebut. “Bagaimana mungkin mereka (warga Palestina) mau menukar lahan pertanian di Tepi Barat, yang dekat dengan kota-kota besar, dengan bukit pasir di Sinai?”

Netanyahu kabarnya mengatakan pada AS bahwa Mesir akan bersimpati untuk memberikan warga Palestina tanah. Akan tetapi, setelah Presiden Mesir Abdel Fatah Al-Sisi menolak, AS menolak ide tersebut.

Namun, ‘Israel’ membantah berita tersebut. Kantor Netanyahu menyatakan: “Berita itu tidak benar.”

Sumber-sumber AS itu menegaskan bahwa rencana tersebut serupa dengan usulan ‘Israel’ dan pemerintahan Trump baru-baru ini, yang kini sedang merampungkan kesepakatan damai kedua; penasihat senior Trump dan menantu Trump, Jared Kushner, kabarnya menyertakan pertukaran tanah di Sinai.* (Middle East Monitor | Sahabat Al-Aqsha)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Serdadu Zionis Tembak Mati Remaja Palestina yang Berdemo di Perbatasan Gaza
Menteri Zionis Jatuhkan Hukuman Kolektif kepada Keluarga Tamimi »