Akankah Orang Kepercayaan Ketiga Netanyahu Berbalik Melawannya?

8 March 2018, 11:30.
Nir Hefetz duduk di pengadilan di Tel Aviv, 22 Februari 2018. Foto: Amir Cohen/Reuters

Nir Hefetz duduk di pengadilan di Tel Aviv, 22 Februari 2018. Foto: Amir Cohen/Reuters

TEL AVIV, Kamis (Haaretz): Nir Hefetz, si spin doctor alias “ahli manipulasi fakta” dan orang kepercayaan PM Benyamin Netanyahu, mencapai kesepakatan dengan polisi untuk menunjukkan bukti dalam kasus penyuapan yang melibatkan raksasa telekomunikasi Bezeq dan situs berita Walla.

Hefetz merupakan orang kepercayaan ketiga Netanyahu yang diperiksa dalam kasus korupsi yang kini sedang berlangsung. Hefetz diduga menerima suap dan menghalangi keadilan sebagai bagian dari apa yang disebut Case 4000. Ia juga merupakan tokoh utama pada Case 1270, dan penipu kedua dalam Case 2000.

Dalam Case 4000, Hefetz menjadi penghubung antara pasangan Netanyahu dan situs berita Walla, yang dimiliki Bezeq. Hefetz mengatur materi-materi yang menyanjung pasangan tersebut dan penyensoran materi-materi yang kurang menyanjung, ungkap Gidi Weitz dari Haaretz.

Dalam Case 1270, Hefetz diduga berperan sebagai orang kepercayaan Netanyahu yang berusaha untuk “meyakinkan” Hakim Hila Gerstl agar menutup kasus Sara Netanyahu. Diduga keras ada “iming-iming” pada Gerstl bahwa ia akan dipromosikan menjadi jaksa agung ‘Israel’ berikutnya jika ia menutup kasus tersebut.

Dalam Case 2000, Hefetz memiliki keterlibatan di kedua sisi. Ia merupakan ketua hubungan masyarakat (humas) untuk Netanyahu, sebelum ia menjabat sebagai penyunting senior di grup Yedioth Ahronoth, yang dimiliki oleh Arnon Mozes. Pada 2009, Mozes dicurigai sepakat untuk memberikan liputan yang baik-baik tentang Netanyahu. Sebagai gantinya, Mozes diduga dijanjikan bahwa surat kabar saingan –yakni Israel Hayom– akan berhenti mencetak edisi akhir pekan, yang tentu sangat menguntungkan Yedioth.

Channel 10 memberitakan bahwa Hefetz akan memberikan informasi tentang kasus-kasus lain – beberapa di antaranya bahkan belum pernah didengar publik.

Pada Case 4000 adalah kecurigaan bahwa Netanyahu memberikan Bezeq dan mantan ketuanya, Shaul Elovitch, keuntungan finansial senilai ratusan juta shekel sebagai ganti liputan positif di situs Walla. Netanyahu menolak tuduhan tersebut dan bersikeras bahwa seluruh keputusannya “dibuat berdasarkan faktor-faktor profesional, kesaksian profesional dan nasihat hukum.”

Hefetz bersaksi dalam kasus tersebut pada Desember lalu. Sejak penangkapannya dua pekan lalu, ia telah diperiksa tidak hanya dalam kasus telekomunikasi tapi juga untuk dugaan menyuap mantan hakim. Sejauh ini ia menolak untuk menjawab pertanyaan para penyelidik.

Dua mantan orang kepercayaan Netanyahu telah berbalik melawannya. Salah satunya adalah mantan Kepala Staf Ari Harow yang bersaksi pada Case 2000 dan Case 1000 –yang masing-masing berhubungan dengan pembahasan kesepakatan ganti rugi dengan penerbit surat kabar Arnon Mozes, serta menerima hadiah mewah dari pengusaha Arnon Milchan dan James Packer.

Lainnya adalah Sholmo Filber, mantan direktur jenderal di Kementerian Komunikasi di bawah Netanyahu, yang diduga memberikan keuntungan finansial kepada Shaul Elovitch, yang mengendalikan pemegang saham Bezeq, perusahaan telekomunikasi terbesar ‘Israel’, atas nama Netanyahu.

Hubungan Hefetz dengan Netanyahu dimulai pada 2009, ketika ia ditunjuk sebagai kepala juru bicara untuk Netanyahu, kemudian memulai tugas keduanya di kantor. Hefetz pergi pada 2011, tapi kembali untuk bekerja pada Netanyahu pada 2014, kali ini sebagai penasihat media untuk keluarganya. Selama pemilu Knesset pada 2015, Hefetz juga bekerja sebagai ahli strategi kampanye untuk partai Likud Netanyahu.* (Haaretz | Sahabat Al-Aqsha)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Penjajah Zionis Berikan Makanan Kadaluarsa pada Tawanan Palestina
Parlemen ‘Israel’ Setujui RUU Larangan Serahkan Jenazah Syuhada Palestina »