Sejak 2011, Lebih dari 300.000 Bayi Suriah Lahir di Turki

11 March 2018, 17:17.
Anak-anak Muhajirin Suriah di kamp pengungsi di Turki. Foto: Dokumentasi Middle East Monitor

Anak-anak Muhajirin Suriah di kamp pengungsi di Turki. Foto: Anadolu Agency (Dokumentasi)

LONDON, Ahad (Middle East Monitor): Data statistik Turki menunjukkan bahwa 311.000 bayi Suriah yang tak berkewarganegaraan lahir di Turki sejak awal krisis Suriah pada 2011. “Fakta bahwa anak-anak itu tak berkewarganegaraan merupakan krisis kemanusiaan,” kata Atay Uslu, kepala Subkomite Pengungsi Parlemen Turki. “Saya pikir mereka harus segera diberikan kewarganegaraan.” Seruan telah disampaikan oleh para petugas hak asasi manusia agar anak-anak Suriah yang lahir di Turki diberi kewarganegaraan Turki.

Terkait dengan masalah tersebut, seorang pejabat di Lembaga Manajemen Bencana Nasional Turki, Erkan Doganay, mengungkapkan bahwa 293 dari 4.514 anak-anak Suriah yang berada dalam pemeliharaan otoritas Turki telah kehilangan kedua orangtua; sekitar 410 telah kehilangan ibu mereka; dan 3.911 telah kehilangan ayah mereka.

Menurut Direktorat Jenderal Pencatatan Sipil dan Kewarganegaraan, sekitar 55.583 warga Suriah, termasuk 25.500 anak-anak, telah mendapatkan kewarganegaraan Turki.

Sekarang ini ada sekitar 3,5 juta Muhajirin Suriah yang berada di bawah perlindungan sementara di Turki.* (Middle East Monitor | Sahabat Al-Aqsha)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Bocah Palestina Buta Usai Ditembak Serdadu Zionis
Hamas: Amerika Serikat Eksploitasi Krisis Gaza Demi Loloskan ‘Kesepakatan Abad Ini’ »