Rezim Suriah Gempur Rumah Sakit dan Apartemen di Douma dengan Senjata Kimia, 70 Orang Tewas

8 April 2018, 20:24.
Foto: Twitter (@SyriaCivilDef)

Foto: Twitter (@SyriaCivilDef)

DOUMA, Ahad (Middle East Eye): Sekitar 70 orang tewas dan ratusan lainnya masih mengalami kesulitan bernafas akibat serangan kimia di kota Douma, Ghouta timur. Organisasi bantuan medis Syrian American Medical Society (SAMS) menyatakan, bom klorin menghantam rumah sakit di Douma dan serangan kedua menghantam gedung apartemen di dekatnya dengan “zat campuran” termasuk zat syaraf.

Dalam salah satu video yang disebarkan oleh para relawan terlihat busa keluar dari mulut puluhan jenazah anak-anak, wanita dan pria.

“Kota Douma, 7 April…ada bau menyengat di sini,” terdengar suara seseorang mengatakan itu dalam video tersebut.

Presiden Suriah Bashar al-Assad telah merebut kembali hampir seluruh Ghouta timur lewat operasi militer –dengan bantuan Rusia– yang dimulai sejak Februari lalu. Serangan di Ghouta merupakan salah satu dari serangan paling mematikan selama tujuh tahun perang di Suriah, yang menewaskan lebih dari 1.600 warga sipil, menurut Syrian Observatory for Human Rights (SOHR).

Basel Termanini, Wakil Presiden SAMS yang berkedudukan di Amerika Serikat, mengatakan pada Reuters bahwa 35 orang tewas di gedung apartemen, kebanyakan dari mereka wanita dan anak-anak.

Dalam pernyataan bersama SAMS dan lembaga pertahanan sipil dijelaskan bahwa pusat-pusat medis telah menerima lebih dari 500 kasus orang menderita kesulitan bernafas, keluar busa dari mulut dan tercium aroma klorin. Salah satu korban meninggal dunia saat tiba di pusat medis, dan enam lainnya tewas kemudian. Para relawan pertahanan sipil melaporkan lebih dari 42 kasus orang yang tewas di rumah mereka menunjukkan gejala yang sama.

Meski bukti sudah begitu jelas, pemerintah Suriah berulang kali membantah menggunakan senjata kimia selama konflik.* (Middle East Eye | Sahabat Al-Aqsha)

Foto: Twitter (@SyriaCivilDef)

Foto: Twitter (@SyriaCivilDef)

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Rezim Suriah Serang Douma dengan Gas Beracun
SIRAMAN MANIS 1439H »