Penjajah Zionis, Mesir Tak Izinkan Pesawat Turki Angkut Warga Palestina yang Terluka

16 May 2018, 21:23.
Wakil Perdana Menteri Turki Recep Akdag

Wakil Perdana Menteri Turki Recep Akdag

LEFKOSA, Rabu (Middle East Monitor): Penjajah Zionis ‘Israel’ dan Mesir tidak mengizinkan pesawat-pesawat terbang Turki menggunakan bandara-bandara mereka untuk mengangkut warga Palestina yang terluka, ungkap Wakil Perdana Menteri Turki Recep Akdag hari ini (16/5). Akdag menyatakan hal itu di Lefkosa saat berdiskusi mengenai pembantaian warga Palestina oleh para serdadu Zionis di sepanjang pagar perbatasan Gaza dengan wilayah Palestina terjajah 1948 yang kini diklaim sebagai ‘Israel’ dengan Perdana Menteri Republik Turki Siprus Utara Tufan Erhurman.

Ia menyatakan, Turki mengecam keras pembantaian tersebut dan menyesalkan fakta bahwa upaya-upaya untuk membawa warga Palestina yang terluka ke Turki dihalangi oleh ‘Israel’ dan Mesir. “Membantu saudara-saudara kita yang tertindas adalah tugas yang manusiawi bagi kita,” tambahnya saat mengecam penindasan oleh Amerika Serikat dan ‘Israel’ di Gaza.

Sedikitnya 62 pendemo Palestina syahid dan ratusan lainnya terluka oleh serdadu Zionis bersenjata di sepanjang perbatasan Gaza pada Senin (14/5), menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Ribuan warga Palestina berkumpul di perbatasan timur Jalur Gaza sejak Senin pagi untuk ambil bagian dalam aksi protes yang bertujuan memperingati Hari Nakba dan memprotes relokasi Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Baitul Maqdis.

Sejak aksi protes –yang dijuluki “Great March of Return” – dimulai pada 30 Maret, lebih dari 100 demonstran Palestina syahid karena tembakan serdadu Zionis, menurut Kementerian Kesehatan Palestina. Aksi tersebut mencapai puncaknya pada Selasa (15/5), yakni pada peringatan ke-70 Nakba Palestina.

Pekan lalu, otoritas penjajah Zionis menyatakan bahwa aksi protes di perbatasan Gaza itu merupakan “keadaan perang” sehingga hukum kemanusiaan internasional tidak berlaku.* (Anadolu Agency | Sahabat Al-Aqsha)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« ‘Diusir’, Hari Ini Dubes ‘Israel’ Tinggalkan Turki
Tank Penjajah Zionis Serang Beberapa Titik Pertahanan Mujahidin di Timur Gaza »