Turki Bantu Wujudkan Impian Bocah ‘Kaki Kaleng’ Suriah untuk Berjalan

5 July 2018, 07:17.
Bulan Sabit Merah Turki membantu Maya Meri (8) dan ayahnya –yang hijrah karena kekerasan di Suriah– dengan kaki palsu. Foto: Anadolu Agency

Bulan Sabit Merah Turki membantu Maya Meri (8) dan ayahnya –yang hijrah karena kekerasan di Suriah– dengan kaki palsu. Foto: Anadolu Agency

ISTANBUL, Kamis (Anadolu Agency): Dengan izin Allah, Turki mengulurkan tangan untuk membantu seorang gadis muda Suriah yang akhirnya mencapai keinginan terindahnya, sesuatu yang kebanyakan dari kita menerimanya begitu saja: kemampuan untuk berjalan.

Maya, usia delapan tahun, adalah seorang pengungsi di Istanbul setelah meninggalkan Aleppo, Suriah. Dia tidak memiliki kaki karena kondisi bawaan. Ayahnya, yang mengalami kondisi serupa, membuat kaki pendek darurat dari hanya bahan-bahan yang tersedia, yakni kaleng dan plastik.

Hanya satu yang Maya inginkan: “Saya punya satu impian, dan itu adalah berjalan.”

Ia kini berada di Istanbul, Turki, dengan penuh harap bisa mewujudkan impiannya itu. Dr. Mehmet Zeki Culcu, seorang ahli kaki palsu profesional yang mengetahui penderitaan Maya dari media sosial, menawarkan diri untuk membantu Maya setelah Bulan Sabit Merah Turki membawa ayah dan putrinya itu ke Turki.

Muhammed el Meri, ayah Maya, mengatakan pada Anadolu Agency bahwa mereka akan mendapatkan kaki palsu di Turki, dan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah Turki, khususnya pada Bulan Sabit Merah. “Dokter mengatakan ia lahir dengan disabilitas dan mengamputasi kakinya di bawah lutut,” kata el Meri mengenai Maya. Ia menyatakan tidak tega melihat putrinya itu “terkurung” di rumah begitu sering.

“Putri saya selalu menderita karena kakinya selalu terkena batu, dan ia juga terkadang terjebak dalam lumpur,” tambah ibunya, Rabia Meri. “Dia tidak bermain seperti teman-temannya, dan ia harus pergi ke sekolah, jadi (mendapatkan) kaki palsu sekarang sangat penting.”

Setelah Anadolu Agency memberitakan penderitaan keluarga tersebut, Bulan Sabit Merah Turki membawa mereka ke Turki, dan tak lama lagi ayah dan anak itu akan bisa berjalan dengan bantuan kaki palsu, insya Allah.* (Anadolu Agency | Sahabat Al-Aqsha)

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Tentara Mesir Hancurkan Terowongan Gaza
Serdadu Zionis dengan Brutal Serang dan Usir Warga Palestina di Desa Khan Al-Ahmar »