PBB: Sekitar 2.200 Anak Tewas dalam Perang di Yaman

5 July 2018, 23:53.
Sekitar 11 juta anak-anak di Yaman membutuhkan bantuan makanan, pengobatan, pendidikan, air dan sanitasi, ungkap direktur eksekutif UNICEF. Foto: Dokumentasi Anadolu Agency

Sekitar 11 juta anak-anak di Yaman membutuhkan bantuan makanan, pengobatan, pendidikan, air dan sanitasi, ungkap direktur eksekutif UNICEF. Foto: Dokumentasi Anadolu Agency

JENEWA, Kamis (Anadolu Agency): Sekitar 2.200 anak tewas dan 3.400 terluka selama tiga tahun perang di Yaman, ungkap PBB pada Selasa (3/7) lalu. “Konflik tanpa henti di Yaman memaksa negara yang sudah berada di tepi jurang itu masuk ke dalam jurang. Pelayanan sosial hampir tidak berfungsi. Ekonomi hancur. Harga melambung tinggi. Rumah-rumah sakit rusak. Sekolah-sekolah berubah menjadi tempat-tempat penampungan atau diambil alih oleh kelompok-kelompok bersenjata,” ungkap Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta Fore dalam sebuah konferensi pers di Jenewa setelah kunjungan empat harinya ke Yaman.

Sekitar 11 juta anak-anak di Yaman membutuhkan bantuan makanan, pengobatan, pendidikan, air dan sanitasi, kata Fore. “Sejak 2015, lebih dari setengah fasilitas kesehatan berhenti beroperasi, dan 1.500 sekolah rusak akibat serangan udara dan pengeboman,” katanya.

“Di Sanaa, di bangsal untuk anak-anak yang kekurangan gizi, saya melihat seorang bayi berusia delapan bulan dengan berat badan bayi yang baru lahir. Di unit perawatan intensif bayi yang baru lahir, saya melihat bayi-bayi yang sangat kecil di dalam inkubator berjuang untuk bernafas,” katanya.

Fore menunjukkan bahwa 5.000 keluarga telah meninggalkan rumah-rumah mereka dalam dua pekan terakhir di Hudaydah, ia mengatakan: “Harga gandum dan minyak sayur meningkat 30 persen dan gas untuk memasak naik 50 persen pekan lalu. Listrik tidak tersedia di sebagian besar daerah di kota tersebut dan kerusakan pada pipa-pipa pasokan air mengakibatkan kekurangan air parah.”* (Anadolu Agency | Sahabat Al-Aqsha)

Poster YAMAN

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Bulan Juni, Gaza Sambut 4.000 Bayi Baru Lahir
Penjajah Zionis Rampas Pipa Air di Lembah Yordan »