270 Wartawan Terjebak di Dara’a Suriah

11 July 2018, 21:59.
Asosiasi menyatakan para wartawan yang terjebak “menghadapi ancaman bahaya”. Foto: Anadolu Agency

Asosiasi menyatakan para wartawan yang terjebak “menghadapi ancaman bahaya”. Foto: Anadolu Agency

ANKARA, Rabu (Anadolu Agency): Sekitar 270 wartawan terjebak di provinsi Dara’a, Suriah, di tengah serangan rezim yang sedang berlangsung di wilayah tersebut, ungkap Asosiasi Wartawan Suriah pada Selasa (10/7). Wartawan lepas Anadolu Agency ada di antara para wartawan yang terjebak, begitu pula para aktivis dan pekerja media, yang menurut asosiasi “terancam bahaya”.

“Dalam beberapa hari terakhir, sebagian besar pekerja media dipaksa pindah ke wilayah geografis yang sempit di kawasan Quneitra. Akan tetapi, beberapa pekerja media terkepung di ‘Dara’a Al Balad’ dan daerah pedesaan bagian barat yang berdekatan,” kata asosiasi dalam sebuah pernyataan tertulis.

Asosiasi menyatakan para wartawan mencari jalan keluar yang aman melalui perbatasan Yordania di tengah kekhawatiran tindakan balasan oleh pasukan rezim.

“Yang paling menakutkan adalah keinginan balas dendam rezim dan milisi-milisi sekutunya terhadap siapapun yang menyuarakan perlawanan terhadap rezim Suriah,” ungkap asosiasi dalam pernyataan tersebut.

Sejak 20 Juni, rezim Assad telah melancarkan operasi militer –didukung oleh kekuatan udara Rusia– yang menyebabkan rezim dan sekutu-sekutunya memegang kendali atas sebagian besar perbatasan bagian paling selatan negara itu dengan Yordania sejalan dengan kesepakatan gencatan senjata antara Rusia dan kelompok-kelompok oposisi bersenjata.

Pertempuran tersebut mengakibatkan krisis pengungsian besar-besaran. Diperkirakan 350.000 warga sipil meninggalkan Dara’a dalam beberapa hari menuju daerah-daerah di dekat perbatasan Yordania.

Setelah pembicaraan damai yang diselenggarakan tahun lalu di Astana ibukota Kazakhstan, Dara’a ditetapkan sebagai “zona de-eskalasi” di mana tindakan agresi secara tegas dilarang.* (Anadolu Agency | Sahabat Al-Aqsha)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Serangan Udara Rezim Suriah Tewaskan 5 Warga Sipil di Idlib
Penjajah Zionis Tolak Bebaskan Relawan Turki dengan Jaminan »