Penjajah Zionis Larang Ratusan Warga Palestina Keluar dari Gaza, Termasuk Penderita Kanker

6 August 2018, 10:00.
Pelintasan perbatasan Rafah di bagian selatan Jalur Gaza, 17 Juli 2018. Foto: Ashraf Amra/Apaimages

Pelintasan perbatasan Rafah di bagian selatan Jalur Gaza, 17 Juli 2018. Foto: Ashraf Amra/Apaimages

LONDON, Senin (Middle East Monitor): Jumlah warga Palestina di Jalur Gaza yang permintaan izin keluar negerinya ditolak oleh otoritas ‘Israel’ atas dasar hubungan keluarga dengan Hamas melonjak tajam tahun ini. AFP memberitakan, berdasarkan data yang diperoleh empat lembaga HAM – Gisha, Adalah, Al Mezan dan Physicians for Human Right-Israel – pada triwulan pertama 2018, sekitar 833 permintaan izin keluar negeri oleh penduduk Gaza ditolak penjajah Zionis dengan alasan seperti itu.

Sebagai perbandingan, otoritas ‘Israel’ menolak 21 permintaan izin keluar dengan alasan tersebut pada tahun 2017. Sebagaimana diberitakan AFP, “mereka yang ditolak memiliki kerabat dekat yang diduga terkait dengan Hamas, termasuk mereka yang berupaya mendapatkan pengobatan medis untuk kanker.”

Empat LSM itu mengecam otoritas ‘Israel’ karena “menggunakan pasien yang membutuhkan pengobatan medis, termasuk para pasien kanker, sebagai bidak untuk keuntungan politik.”

“Ketika meninjau permintaan izin yang diajukan oleh para pasien dari Gaza, pertimbangan penjajah Zionis seharusnya kebutuhan medis mereka, dan bukan mengeksploitasi penderitaan mereka untuk meningkatkan tekanan pada otoritas de facto di Gaza.”

Menolak akses pasien ke perawatan medis dengan alasan bahwa mereka memiliki hubungan keluarga dengan anggota Hamas adalah pelanggaran hukum internasional, dan benar-benar tidak bermoral.

Terkait hal ini surat kabar ‘Israel’ Haaretz memberitakan: “’Israel’ memenuhi janjinya” pada keluarga Hadar Goldin, serdadu Zionis yang sudah beberapa tahun ditawan oleh Hamas. “Untuk membalas hal itu, keluarganya meningkatkan kampanye untuk mengurangi jumlah izin keluar dari Gaza,” jelas Haaretz.* (Middle East Monitor | Sahabat Al-Aqsha)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Ditembak Sniper ‘Israel’, Empat Bersaudara Ini Tidak Bisa Berjalan Normal Lagi
Baju Pengantin, Botol Bayi, Popok: Inilah Daftar Barang yang Dilarang Penjajah Zionis Masuk Gaza »