SNHR: 528 Warga Sipil Tewas Akibat Serangan di Sekolah-sekolah Suriah

9 August 2018, 17:05.
Sekolah dasar yang hancur akibat serangan udara di Idlib, Suriah, pada 21 September 2017. Foto: Hayyan Ebu Resit/Anadolu Agency

Gambar bagian luar dari sekolah dasar yang rusak akibat serangan udara di Idlib, Suriah, pada 21 September 2017. Foto: Hayyan Ebu Resit/Anadolu Agency

LONDON, Kamis (Middle East Monitor): Lembaga HAM yang berbasis di Inggris, Syrian Network for Human Rights (SNHR), mengungkap dalam laporannya bahwa 528 warga sipil tewas akibat serangan di sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan di Suriah oleh berbagai pihak yang terlibat dalam konflik sejak konflik dimulai pada Maret 2011.

“Rezim Suriah bertanggung jawab atas serangan terhadap 996 sekolah, pasukan Rusia menyerang 16 sekolah dan pasukan koalisi internasional telah menyerang 87 sekolah, sementara pihak lainnya di Suriah bertanggung jawab atas serangan ke sekolah-sekolah yang tersisa,” ungkap lembaga tersebut dalam laporan yang dirilis Selasa (7/8) lalu.

Dalam laporan disebutkan bahwa “para korban meliputi 171 anak-anak dan 128 wanita”. Dijelaskan pula bahwa sebanyak 4.360 serangan terhadap 1.356 sekolah dilakukan selama periode Maret 2011 hingga Agustus 2018. Hal itu membuat hampir separuh sekolah tidak lagi beroperasi.

Menurut laporan tersebut, sejak pecahnya perang di Suriah, anak-anak menjadi sasaran sejumlah pelanggaran oleh semua pihak yang terlibat dalam perang, khususnya rezim Suriah, yang meliputi pembunuhan, penangkapan, rekrutmen paksa, kekerasan seksual, perampasan satu atau kedua orangtua, pengungsian dan kehilangan akses pendidikan,” ungkap laporan tersebut.* (Middle East Monitor | Sahabat Al-Aqsha)

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Dalam Sebulan, Hampir 4.000 Pemukim Ilegal Yahudi Serbu Masjidil Aqsha
Bayi, Ibu Hamil Tewas Akibat Serangan Udara ‘Israel’ ke Gaza »