Netanyahu: Pemindahan Kedubes Brazil ke Baitul Maqdis Tinggal Perkara Waktu

31 December 2018, 20:55.
Foto: Flickr

Foto: Flickr

LONDON, Senin (The Guardian): Dalam waktu dekat, Brazil diperkirakan akan memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Baitul Maqdis.

PM ‘Israel’ Benyamin Netanyahu mengatakan bahwa Presiden Brazil Jair Bolsonaro, yang baru dilantik pada Selasa lalu, akan mengikuti langkah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengawali kebijakan kontroversial tersebut.

Rencana ini menurut Netanyahu hanya tinggal menunggu waktu.

“Bolsonaro mengatakan kepada saya bahwa hal ini (pemindahan kedubes) adalah perkara ‘kapan, bukan seandainya’ bahwa dia akan memindahkan kedutaan besarnya ke Baitul Maqdis,” kata Netanyahu ketika menghadiri pertemuan dengan para pemimpin komunitas Yahudi, di Rio de Janeiro, Brazil, pada Ahad (30/12).

Bolsonaro, yang dalam seremoni pelantikannya mengundang Netanyahu mendapat tekanan kuat dari kalangan berpengaruh dalam sektor pertanian. Pasalnya, kebijakan itu bisa berdampak buruk pada aktivitas ekspor Brazil yang banyak menjual hasil pertanian ke negara-negara Arab.

Melansir The Guardian, Liga Arab pun telah mengingatkan Bolsonaro agar tidak mengikuti langkah AS. Hal itu dikarenakan berpotensi merusak hubungan dengan negara-negara Arab.

Salah seorang pejabat pemerintahan Brazil mengatakan kepada kantor berita Reuters, langkah tersebut belum diputuskan dalam jajaran kabinet, meski Netanyahu telah menggembar-gemborkannya ke publik.

Lebih lanjut Netanyahu mengatakan, Presiden Brazil yang berasal dari kelompok ekstrem-kanan itu telah menerima undangan untuk melakukan kunjungan balasan ke ‘Israel’ pada Maret nanti.

“Kami membutuhkan sekutu, teman, dan saudara yang baik seperti Benyamin Netanyahu,” kata Bolsonaro setelah bertemu Netanyahu pada Jum’at lalu.* (The Guardian | Sahabat Al-Aqsha)

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Kampanye BDS Pengaruhi HSBC Tarik Investasi dari Perusahaan Persenjataan ‘Israel’
Palestina Desak Internasional Usut Penggalian ‘Israel’ di Bawah Masjidil Aqsha, Baitul Maqdis »