Rezim Suriah Serang Pemukiman di Idlib, 2 Warga Tewas

1 January 2019, 19:22.
Foto: Anadolu Agency

Foto: Anadolu Agency

IDLIB, Selasa (Middle East Monitor | Anadolu Agency): Jet-jet tempur rezim Suriah dilaporkan telah melancarkan serangan udara ke zona de-eskalasi militer di provinsi Idlib, pada Senin (31/12).

Serangan itu dilancarkan, meski pada September lalu telah disepakati gencatan senjata di zona bebas militer seperti wilayah Idlib.

“Rezim Assad meningkatkan serangan ke rumah-rumah warga sipil di Idlib dan Homs sejak sore,” tutur direktur lembaga pertahanan sipil White Helmets Mustafa Hajj Yousef kepada kantor berita Anadolu Agency.

Akibat serangan tersebut, dua warga tewas sedangkan enam lainnya luka-luka dan dirawat sementara di kamp untuk orang-orang yang telantar.

Mengutip Middle East Monitor, pada 17 September Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertemu untuk menyepakati poin penetapan zona bebas militer di provinsi Idlib.

Artinya, berbagai bentuk agresi militer ke Idlib merupakan pelanggaran atas kesepakatan itu.

Kesepakatan gencatan senjata yang digelar di Sochi, Rusia, itu juga menetapkan wilayah kekuasaan kelompok oposisi yang tetap berada di Idlib.

Sementara itu, Turki dan Rusia sepakat menggelar patroli bersama di Idilb untuk mencegah terjadinya baku tembak antara pihak oposisi dengan pasukan rezim Assad dan koalisinya.

Pada 10 Oktober lalu, Kementerian Pertahanan Turki mengumumkan, kelompok oposisi Suriah dan kelompok perlawanan lainnya telah mengangkat senjata berat mereka dari zona demiliterisasi.* (Middle East Monitor | Anadolu Agency | Sahabat Al-Aqsha)

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Tahun Ini, Kerugian Ekonomi Gaza Capai Lebih dari 300 Juta Dolar
Marak Pencurian Bantuan Pangan untuk Warga Yaman yang Kelaparan »