Laporan Penyaluran Amanah Musim Dingin Garis Depan 2018-2019 (Tahap Pertama)

8 January 2019, 11:33.
Foto: Sahabat Al-Aqsha

Foto: Sahabat Al-Aqsha

YOGYAKARTA, Selasa (Sahabat Al-Aqsha): Sejak Sahabat Al-Aqsha memulai kampanye #MusimDinginGarisDepan 2018-2019 untuk meringankan penderitaan keluarga-keluarga kita di Palestina, Suriah dan Yaman, 31 Desember 2018 menandakan tuntasnya tahap pertama penyaluran amanah #MusimDinginGarisDepan dari masyarakat Indonesia. Program ini insya Allah akan terus berlanjut sampai akhir Februari 2019.

Sekitar 14.000 orang dari keluarga yang bertahan di garis depan, keluarga syuhada, pengungsi, para janda dan yatim telah mendapat bantuan berupa paket-paket makanan dan kebutuhan musim dingin, seperti selimut, jaket, dan kayu bakar. Semuanya telah mereka terima dalam rentang waktu dua bulan terakhir ini.

Musim dingin tahun ini Sahabat Al-Aqsha memutuskan untuk menambah jumlah bantuan yang dikirim ke Yaman. Abu Ja’far, penanggung jawab amanah di Al-Sarraa Foundation –mitra Sahabat Al-Aqsha– menjelaskan, “Seperti kita ketahui, kondisi yang dihadapi keluarga-keluarga kita di negeri Syam semakin berat. Akan tetapi, perlu dikhawatirkan juga keluarga kita di Yaman, yang dalam setahun terakhir ini kondisinya semakin memburuk.”

Alhamdulillah, lebih dari 1.700 paket bantuan musim dingin telah Sahabat Al-Aqsha salurkan di ibukota Yaman, Sana’a, Taiz, Marib, dan beberapa kota lainnya.

Sedangkan penyerahan bantuan untuk Muhajirin Suriah, dipusatkan di bagian utara Suriah dan perbatasan Turki-Suriah. Menurut Ketua Umum Sahabat Al-Aqsha, Muhammad Fanni Rahman, bantuan diniatkan untuk diantar ke seluruh pelosok Suriah, namun situasi tidak mendukung hal itu.

“Sulitnya akses masuk untuk membantu keluarga-keluarga kita di Aleppo dan Latakia membuat Sahabat Al-Aqsha memfokuskan penyaluran bantuan di kota Idlib dan sekitarnya. Juga di kota-kota perbatasan yang terdapat Muhajirin Suriah, seperti Reyhanli, Kilis dan lain-lain,” ungkap Fanni.

Untuk rakyat Jalur Gaza yang kini memasuki tahun ke-13 dikurung penjajah Zionis, Sahabat Al-Aqsha menyalurkan ribuan paket bantuan amanah keluarga Indonesia yang terdiri dari makanan, selimut, jaket, pakaian musim dingin, obat-obatan hingga popok untuk lansia dan penyandang cacat.

Alhamdulillah, penyaluran bantuan tahap pertama dari program #MusimDinginGarisDepan telah Sahabat Al-Aqsha tunaikan. Bantuan yang diberikan memang tidak sebanding dengan kebutuhan mereka yang besar, namun ada sebuah pesan terselip di balik bantuan-bantuan tersebut: telah Allah gerakkan hati saudara kalian di Indonesia. Janji Allah adalah Haq, sebagaimana Allah penuhi janji-Nya untuk mempersaudarakan kaum Muslimin maka nantikanlah Allah memenuhi janji kemenangan dari-Nya,” tegas Fanni.

Foto: Sahabat Al-Aqsha

Foto: Sahabat Al-Aqsha

Santuni lebih dari 400 yatim syuhada Palestina-Suriah

Tepat lima tahun yang lalu Sahabat Al-Aqsha memulai komitmen menyantuni anak-anak yatim syuhada Palestina dan Suriah. Bermula dari 200 anak, alhamdulillah kini jumlah anak #YatimGarisDepan yang kita santuni bertambah menjadi lebih dari 400 anak.

Masing-masing anak mendapatkan santunan sebesar 50 dolar per bulan. Akan tetapi, program santunan #YatimGarisDepan tidak sebatas memberikan bantuan uang. Sahabat Al-Aqsha selalu memerhatikan pertumbuhan mereka dengan memantau kabar dan perkembangan dari setiap anak, memastikan semua mendapatkan bantuan, perlindungan, dan pendidikan yang layak. Terutama pendidikan Al-Qur’an yang perlu ditanamkan sejak dini.

Selain menyantuni anak-anak yatim di Gaza dan dalam Suriah, seperti di Idlib, Sahabat Al-Aqsha juga menyantuni anak yatim para syuhada Suriah yang mengungsi di Lebanon dan beberapa kota di Turki, seperti di Istanbul dan kota-kota perbatasan, yaitu Reyhanli, Mersin, dan Kilis.

Pada 27 Desember 2018, tim Sahabat Al-Aqsha pergi ke perbatasan Turki-Suriah untuk kembali bertemu, berbagi senyum, serta menghangatkan para #YatimGarisDepan. Kilis, kota yang berbatasan dengan Aleppo ini menjadi saksi telah ditunaikannya amanah dan disampaikannya cinta dari orang-orang tua di Indonesia untuk para yatim Suriah. Di kota ini tercatat 52 yatim yang Sahabat Al-Aqsha santuni, dan jika Allah menghendaki dalam waktu dekat ini jumlahnya akan bertambah.* (Sahabat Al-Aqsha)

Foto: Sahabat Al-Aqsha

Foto: Sahabat Al-Aqsha

Foto: Sahabat Al-Aqsha

Foto: Sahabat Al-Aqsha

Foto: Sahabat Al-Aqsha

Foto: Sahabat Al-Aqsha

Foto: Sahabat Al-Aqsha

Foto: Sahabat Al-Aqsha

Foto: Sahabat Al-Aqsha

Foto: Sahabat Al-Aqsha

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Menteri Zionis, Pemukim Ilegal Yahudi Beramai-ramai Serbu Masjidil Aqsha
India Terus Usir Pengungsi Rohingya ke Myanmar »