LSM Suriah Luncurkan Kampanye Kecam Penggunaan Senjata Kimia Rezim Assad

10 April 2019, 12:00.
Foto: Anadolu Agency

Foto: Anadolu Agency

AZAZ, Rabu (Anadolu Agency): Sekelompok LSM Suriah pada Senin (8/4) meluncurkan kampanye untuk meningkatkan kesadaran mengenai pembantaian dengan senjata kimia oleh rezim Bashar Al-Assad di Al-Bab, Suriah utara.

Sejumlah LSM, yang dipimpin oleh Asosiasi Media Suriah, meluncurkan kampanye di media sosial pada hari peringatan pembantaian warga sipil dengan gas sarin.

Serangan tahun 2017 di Khan Sheikhoun merenggut nyawa 100 orang, dan setahun kemudian di Douma, 78 orang tewas menggunakan senjata yang sama.

Asosiasi Media Suriah mempromosikan kampanye Breathe dengan sejumlah LSM, para aktivis dan saksi-saksi mata lainnya mengenai pembunuhan dengan senjata kimia.

Komandan Free Syrian Army (FSA) Hamza Barikdar menyatakan pada Anadolu Agency, “Beberapa negara berupaya menutupi pembantaian kimia ini di media dan dunia politik agar tidak menuntut pertanggungjawaban Assad.”

“Meskipun ada puluhan laporan yang mengecam rezim Assad dari PBB dan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW), tidak ada proses hukum yang dimulai terhadap Assad,” tambahnya.

Setelah penyelidikan selama hampir setahun OPCW menetapkan bahwa ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa klorin digunakan di daerah yang sebelumnya dikuasai pemberontak, tapi tidak mengaitkan tanggung jawab rezim atas serangan itu.

“Rezim Assad tidak boleh mengulangi penggunaan senjata kimia di Suriah. Seharusnya tidak ada keraguan mengenai tekad kami untuk bertindak tegas dan cepat jika rezim Assad menggunakan senjata ini lagi di masa depan,” ungkap mereka dalam sebuah pernyataan bersama.* (Anadolu Agency | Sahabat Al-Aqsha)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Serangan Helikopter Militer Myanmar Tewaskan 20 Warga Rohingya, Lukai Puluhan Lainnya
‘Satu Peluru yang Mengubah Hidup’ »