Wabah Demam Berdarah Landa Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh

15 August 2019, 23:13.
Foto ini diambil pada 12 Oktober 2017, seorang bocah pengungsi Rohingya mengangkat jeriken air saat hujan di kamp pengungsi di distrik Ukhia, Kutupalong, Bangladesh. Foto:  AFP/Munir Uz Zaman

Foto ini diambil pada 12 Oktober 2017, seorang bocah pengungsi Rohingya mengangkat jeriken air saat hujan di kamp pengungsi di distrik Ukhia, Kutupalong, Bangladesh. Foto: AFP/Munir Uz Zaman

COX’S BAZAR, Kamis (Rohingya Vision): Wabah demam berdarah melanda kamp pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar, Bangladesh. Hujan deras yang terus mengguyur kamp membuat kondisi kesehatan warga Rohingya semakin terancam.

Hujan lebat selama berhari-hari telah mengakibatkan banjir di kamp-kamp pengungsian. Air limbah dan kotoran dari kakus akhirnya meluap dan bercampur dengan air bah sehingga menyebabkan berbagai macam penyakit menular, seperti kolera, malaria, tipus, penyakit kulit, dan sebagainya.

Di antara banyak penyakit menular lainnya, salah satu masalah yang mengancam jiwa adalah merebaknya nyamuk demam berdarah akibat kurangnya kebersihan dan tindakan pencegahan.

Menurut pengakuan para pengungsi, di kawasan Bangladesh yang lain, wabah demam berdarah dicegah melalui penyemprotan insektisida di selokan, saluran pembuangan, jalan, dan tempat-tempat yang rawan menjadi sarana berkembangbiaknya nyamuk demam berdarah. Akan tetapi, tidak ada tindakan pencegahan seperti itu di kamp pengungsi Rohingya, baik sebelum maupun sesudah banjir.* (Rohingya Vision | Sahabat Al-Aqsha)

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Sedang Menikmati Hidangan Idul Adha, Gerombolan Serdadu Zionis Serang Keluarga Palestina Ini
Toilet, Pompa Air Rusak Sulitkan Kehidupan Warga Rohingya di Kamp Pengungsi »