UNHCR Tak Bisa Pastikan Kapan Pengungsi Rohingya Bisa Kembali Pulang

30 November 2019, 22:24.
Warga Rohingya mengungsi ke Bangladesh pada 2017. Foto: Hannah McKay/Reuters

Warga Rohingya mengungsi ke Bangladesh pada 2017. Foto: Hannah McKay/Reuters

DHAKA, Sabtu (Dhaka Tribune): Wakil Komisaris Tinggi UNHCR (Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi) Kelly T Clements menegaskan ketidaksanggupannya memastikan kapan Rakhine akan siap untuk menampung kembali warga Rohingya yang mengungsi.

“Sangat sulit memperkirakan waktunya (kepulangan para pengungsi Rohingya) karena ada banyak faktor lain yang memengaruhi hal ini,” kata Clements.

Sementara Wakil UNHCR di Bangladesh, Steven Corliss, mengakui bahwa semua pihak termasuk PBB telah gagal karena masih belum berhasil memenuhi tuntutan Rohingya.

Wakil UNHCR Clements menambahkan, ia sepakat Bangladesh dan komunitas lokal di sana mengalami kesulitan karena datangnya pengungsi Rohingya dalam jumlah besar.

Ia menjelaskan bahwa Program Pembangunan PBB (UNDP) dan UNHCR sedang bekerja sama mengerjakan 43 proyek yang berdampak cepat di 23 area di Rakhine yang bertujuan untuk memastikan kelayakan menampung kembali warga Rohingya. Akan tetapi, menurutnya masih dibutuhkan akses lebih besar ke wilayah tersebut.

Tentang langkah hukum yang ditempuh melalui Mahkamah Internasional (ICJ) dan Mahkamah Pidana Internasional (ICC), Clements mengatakan langkah tersebut akan memberikan harapan bagi warga Rohingya selaku korban.

Clements juga yakin bahwa dukungan dan bantuan internasional akan terus mengalir kepada Bangladesh untuk membantu para pengungsi Rohingya.

Ia juga berpendapat bahwa warga Rohingya harus diberi akses ke pendidikan dan mata pencaharian.

Mengenai rencana relokasi para pengungsi Rohingya ke pulau Bhashanchar, Corliss mengatakan bahwa UNHCR sedang menunggu hasil pengkajian dari tim teknis PBB mengenai kelayakan dan keamanan pulau tersebut sebagai hunian.* (Dhaka Tribune | Sahabat Al-Aqsha)

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« UOSSM Kecam Serangan terhadap Rumah Sakit di Suriah
Tanpa Alasan, ‘Israel’ Tangkap Saudara Tahanan Politik Palestina yang Meninggal di Penjara »