Pasukannya Diadang di Qamishli, AS Lepaskan Tembakan dan Bom Asap; Seorang Warga Sipil Tewas

13 February 2020, 18:25.
Foto: AP

Foto: AP

SEORANG warga sipil Suriah terbunuh dan seorang lainnya terluka dalam “bentrokan langka” antara pasukan AS dengan sekelompok pendukung pemerintah yang berusaha memblokir konvoi AS, yang melintasi sebuah desa di timur laut Suriah.

Media yang dikelola rezim Suriah, Rabu (12/2/2020), mengatakan, pria yang tewas itu adalah di antara penduduk sebuah desa di sebelah timur kota Qamishli yang berkumpul di pos pemeriksaan militer.

Penduduk melempari konvoi AS dengan batu dan menurunkan bendera AS dari salah satu kendaraan.

Pada saat itu, pasukan AS menembakkan amunisi aktif dan bom asap ke penduduk.

Seorang juru bicara militer AS mengatakan bahwa pasukan koalisi yang melakukan patroli di dekat Qamishli menghadapi pos pemeriksaan yang ditempati pasukan pemerintah pro-Suriah.

“Setelah pasukan koalisi mengeluarkan serangkaian peringatan dan upaya de-eskalasi, patroli itu mendapat serangan senjata ringan dari orang-orang yang tidak dikenal,” kata Kolonel Myles Caggins, juru bicara koalisi yang dipimpin AS.

“Untuk membela diri, pasukan koalisi membalas tembakan,” katanya.

Ratusan tentara AS ditempatkan di Suriah timur laut, bekerja dengan mitra lokal mereka dari Pasukan Demokratik Suriah yang dipimpin Kurdi untuk berperang melawan kelompok ISIL (ISIS).

Video yang diposting di media sosial tampaknya menunjukkan penduduk bertengkar dengan personel militer AS.

Penduduk mengatakan patroli Rusia dari sebuah kontingen di bandara Qamishli dikirim ke desa itu, yang terletak di daerah di timur laut Suriah; lokasi dimana Rusia, pasukan Kurdi Suriah yang didukung AS, dan tentara Suriah semuanya hadir.

AS melakukan patroli di Suriah timur laut, tetapi belum jelas mengapa konvoi melaju ke daerah yang dikontrol pemerintah. (Aljazeera)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« AS Serang Pangkalan Militer Rezim Suriah di Hasakah
Bentrok di Qalqilya; Dua Pemuda Terluka, Puluhan Tersedak Gas Air Mata »