Pandemi Covid-19 Meluas, Warga Palestina Hadapi Ancaman Serius di Penjara-penjara ‘Israel’

19 March 2020, 19:29.
Foto: Palinfo

Foto: Palinfo

PALESTINA (Palinfo) – Ketegangan telah meningkat di penjara-penjara ‘Israel’ karena pengabaian yang disengaja oleh Layanan Penjara ‘Israel’ terhadap para tahanan Palestina.

Situasi itu terjadi di saat penyebaran virus korona di wilayah Palestina kian intensif.

Juru bicara Pusat Studi Tahanan Palestina, Riyad al-Ashqar, Rabu (18/3/2020), mengatakan bahwa meskipun wabah Covid-19 sangat serius dan penyebarannya begitu cepat, tidak ada langkah-langkah keamanan yang diambil oleh Layanan Penjara ‘Israel’ untuk melindungi para tahanan.

Layanan Penjara Israel bahkan telah berhenti memasok banyak barang penting di kantin penjara; termasuk produk pembersih, seperti alat sterilisasi.

Pekan lalu, otoritas pendudukan ‘Israel’ mengumumkan keputusan untuk membatalkan kunjungan penjara oleh keluarga dan pengacara, dengan klaim sebagai bagian dari langkah-langkah pencegahan guna membatasi penyebaran virus corona.

“Namun sejatinya mereka tidak peduli dengan keselamatan tahanan Palestina,” kata al-Ashqar.

Tahanan Palestina, sebagai langkah protes atas pengabaian Layanan Penjara ‘Israel’ terhadap keselamatan mereka, menolak untuk makan pada hari Rabu; guna menekan administrasi penjara mencabut kebijakannya.

Al-Ashqar menyerukan pembebasan segera para tahanan yang berisiko lebih tinggi untuk penyakit serius akibat coronavirus, terutama tahanan yang sudah menderita masalah kesehatan, anak-anak, wanita, dan orang tua.

Dia juga menyerukan pembebasan tahanan administratif, yang ditahan tanpa tuduhan atau proses peradilan.

“Mereka harus berada di antara keluarga mereka saat ini,” tegasnya.

Al-Ashqar memandang otoritas penjajah dan Layanan Penjara ‘Israel’ bertanggung jawab penuh atas kehidupan tahanan Palestina dengan segala ancaman terhadap kondisi kesehatan mereka; sebagai imbas keterlambatan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi mereka dari infeksi.

Al-Ashqar meminta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan organisasi hak asasi manusia yang peduli untuk segera turun tangan dan memberikan tekanan pada otoritas pendudukan ‘Israel’ untuk memastikan bahwa mereka mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah penyebaran virus corona di penjara-penjara mereka. (Palinfo)

 

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Penjajah ‘Israel’ Tangkap Dua Warga Baitul Maqdis dan Interogasi Imam Masjid Al-Aqsha
Empat Tahanan di Penjara Megiddo Terinfeksi Corona »