Tumpas Teroris PKK, Turki Bersiap Tambah Pangkalan Militer Sementara di Irak Utara

19 June 2020, 22:32.
Latihan militer gabungan yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Turki dengan partisipasi pasukan tentara Irak di provinsi Sirnak, Turki pada 30 September 2017 [Fatih Akta? / Anadolu Agency]

Latihan militer gabungan yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Turki dengan partisipasi pasukan tentara Irak di provinsi Sirnak, Turki pada 30 September 2017 [Fatih Aktas / Anadolu Agency]

TURKI (Middle East Monitor) – Turki berencana untuk membangun lebih banyak pangkalan militer sementara di Irak utara.

Seorang pejabat senior Turki mengatakan kepada Reuters bahwa langkah tersebut akan menjamin keamanan perbatasan.

Informasi tersebut mencuat di tengah peningkatan serangan udara yang dilakukan Turki; yang menargetkan teroris PKK Kurdi di wilayah Kurdistan Irak.

Turki melakukan dua operasi terpisah terhadap PKK pada hari Ahad dan Selasa; sebagai balasan atas apa yang dikatakannya sebagai peningkatan serangan-serangan militan di pangkalan militer Turki di sepanjang perbatasan.

Kemarin, pasukan Turki menyerang lebih dari 500 situs PKK dengan jet F-16, drone, dan howitzer sebagai bagian dari operasi bersandi “Claw-Tiger” di wilayah Haftanin.

Pejabat Turki, yang tidak disebutkan namanya, mengkonfirmasi bahwa Ankara memulai operasi setelah pembicaraan dengan pihak berwenang Irak untuk menetralisir PKK dari perbatasannya dan menargetkan kemampuan logistik kelompok itu.

“Rencananya adalah untuk membangun daerah basis sementara guna mencegah daerah yang dibuka digunakan untuk tujuan yang sama lagi. Sudah ada lebih dari 10 pangkalan sementara di sana. Yang baru segera didirikan,” kata sumber itu.

Secara bersamaan, Iran telah melakukan penembakan terhadap daerah Haji Omaran di sepanjang perbatasannya, yang membuat para pejabat Kurdi setempat mencurigai kedua pihak saling berkoordinasi.

Sebagai tanggapan, Baghdad memanggil duta besar Turki dan Iran sebagai protes atas operasi militer masing-masing negara tersebut. (Middle East Monitor)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Serdadu Zionis Blokir Akses Sejumlah Desa di Tepi Barat Menuju Lembah Yordan
Tak Sekadar Sulaman, Tatreez Dalam Mode Pakaian Tradisional Palestina Kaya Makna Perjuangan »