Badan Intelijen Turki Bebaskan 170 Sandera Dalam 11 Tahun Terakhir, Paling Banyak di Suriah

27 June 2020, 11:01.
Silvia Romano, yang diculik 18 bulan lalu di Afrika Timur, disambut oleh Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte di Roma, 13 Mei 2020. Foto: Anadolu Agency

Silvia Romano, yang diculik 18 bulan lalu di Afrika Timur, disambut oleh Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte di Roma, 13 Mei 2020. Foto: Anadolu Agency

TURKI (Daily Sabah) – Organisasi Intelijen Nasional Turki (MIT) telah menyelamatkan 170 sandera, termasuk 138 warga Turki, yang ditawan oleh berbagai kelompok teroris sejak 2009.

Operasi penyelamatan badan intelijen Turki dan keberhasilan mereka telah menjadi berita utama di berbagai media internasional.

Dalam salah satu operasi terbarunya bulan Mei 2020, MIT menyelamatkan seorang pekerja kemanusiaan Italia dari Somalia.

Silvia Romano, yang diculik 18 bulan lalu di Afrika Timur, diselamatkan dalam operasi bersama oleh badan intelijen Turki dan Italia.

Romano, yang bekerja untuk badan amal Italia, Afrika Milele, disandera oleh orang-orang bersenjata di tenggara Kenya pada November 2018.

Dia ditemukan di Somalia, sekitar 30 kilometer (19 mil) di luar ibukota Mogadishu, dan telah diantar pulang.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas penculikannya, meskipun kuat diduga Romano diculik kelompok teroris al-Shabab.

Setelah peristiwa itu, media internasional, terutama media Italia, mengatakan Romano diselamatkan, berkat upaya bersama oleh badan intelijen Turki, Somalia, dan Italia.

Romano adalah salah satu dari 32 orang asing yang diselamatkan oleh dinas intelijen Turki selama 11 tahun terakhir.

Mayoritas dari 170 sandera diselamatkan dari wilayah yang tidak stabil. MIT telah melakukan sebagian besar operasi penyelamatannya di Suriah.

Menjalankan operasinya melalui koordinasi dengan otoritas negara terkait, MIT sering didekati oleh badan intelijen asing untuk mendapatkan bantuan dalam menyelamatkan warga negara mereka. (Daily Sabah)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« PPS: “95% Tawanan Palestina Alami Berbagai Siksaan Sejak Hari Penangkapannya”
Pasukan Keamanan Turki Lumpuhkan Tiga Teroris PKK di Wilayah Timur Provinsi Tunceli »