VIDEO – Penjaga Perbatasan Malaysia Temukan Puluhan Muhajirin Rohingnya di Pulau Kecil Langkawi

28 July 2020, 18:56.

MALAYSIA (Aljazeera) – Puluhan Muhajirin Rohingya kembali ditemukan mendarat di wilayah Malaysia melalui jalur laut.

Penjaga perbatasan Malaysia mengatakan pada hari Ahad (26/7/2020) bahwa mereka menangkap Muhajirin Rohingya bernama Nor Hossain yang berenang seorang diri ke pantai Pulau Langkawi.

Mohamad Zawawi Abdullah, kepala penjaga perbatasan di wilayah Kedah dan Perlis menyebutkan bahwa Nor Hossain melompat dari kapal yang berisi sedikitnya 24 Muhajirin Rohingya lainnya, untuk berenang ke daratan.

Setelah menemukannya, penjaga perbatasan Malaysia lalu melakukan upaya pencarian untuk menyelamatkan puluhan Muhajirin Rohingya yang lain.

Akhirnya mereka menemukan 26 Muhajirin Rohingya di sebuah pulau kecil di sekitar Pulau Langkawi, sebagaimana disampaikan pada hari Senin (27/7/2020).

Diyakini, puluhan Muhajirin Rohingya ini hanyalah sebagian dari ratusan lainnya yang berada di kapal “induk”.

“Mereka dipisahkan ke kapal yang lebih kecil agar bisa memasuki perairan Malaysia,” jelas Zawawi.

Bulan lalu, Malaysia juga menemukan 269 Muhajirin Rohingya di atas kapal yang sudah rusak. Puluhan nyawa melayang dalam pelayaran 4 bulan itu.

Bagi etnis minoritas Rohingya, pergi meninggalkan rumah dan tanah airnya terpaksa menjadi pilihan akibat penyiksaan dan diskriminasi yang dilakukan rezim Myanmar selama puluhan tahun.

Selain jutaan yang mengungsi ke Bangladesh, tak sedikit warga Rohingya yang nekat mempertaruhkan nyawa mengarungi ganasnya lautan demi mendapat kehidupan yang lebih aman.

Malaysia menjadi tujuan bagi mereka. Menurut data dari UNHCR, sampai akhir bulan Juni, terdapat sekira 177.940 pengungsi di Malaysia dengan 101.320 di antaranya merupakan warga Rohingya. (Aljazeera)

 

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Pemukim Ilegal ‘Israel’ Bakar Sebuah Masjid di Distrik Ramallah
VIDEO – Qurban di #GarisDepan, Menguatkan Keluarga yang Berjihad »