Sekjen PBB: “Yaman Hadapi Bahaya Kelaparan Terburuk Dalam Beberapa Dekade Terakhir”

22 November 2020, 21:15.
Seorang anak Yaman menjalani perawatan medis di rumah sakit Taez pada 19 November 2018 [MARZOOQ AL-JABIRY/AFP/Getty Images]

Seorang anak Yaman menjalani perawatan medis di rumah sakit Taez pada 19 November 2018 [MARZOOQ AL-JABIRY/AFP/Getty Images]

YAMAN (Middle East Monitor) – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memperingatkan bahwa Yaman tengah berada dalam bahaya kelaparan terburuk yang pernah terjadi di dunia selama beberapa dekade terakhir.

Peringatan Guterres mencuat saat Amerika Serikat mengancam akan memasukkan kelompok milisi syiah Houthi, sekutu Iran di Yaman, sebagai bagian dari operasi “tekanan maksimum” terhadap Teheran.

Pekerja bantuan khawatir langkah itu akan mencegah bantuan kemanusiaan mencapai negara itu.

“Saya mendesak semua pihak yang berpengaruh untuk segera bertindak atas masalah ini untuk mencegah bencana. Saya juga meminta semua orang menghindari tindakan apa pun yang dapat membuat situasi yang sudah mengerikan menjadi lebih buruk,” kata Guterres.

Koalisi militer pimpinan Arab Saudi melakukan intervensi di Yaman pada 2015, mendukung pasukan pemerintah yang memerangi kelompok syiah Houthi.

Pejabat PBB mencoba menghidupkan kembali pembicaraan damai untuk mengakhiri perang.

Pasalnya, penderitaan negara itu kian diperburuk oleh jatuhnya ekonomi dan mata uang, serta wabah Covid-19.

“Jika tidak ada tindakan segera, jutaan nyawa mungkin hilang,” kata Guterres.

PBB menggambarkan kondisi di Yaman sebagai krisis kemanusiaan terbesar di dunia, dimana 80% orang sangat membutuhkan bantuan.

Kepala bantuan PBB, Mark Lowcock, mengatakan PBB telah menerima kurang dari setengah dari apa yang dibutuhkannya tahun ini – yakni sekitar $ 1,5 miliar – untuk operasi kemanusiaannya di Yaman. Tahun lalu PBB menerima $ 3 miliar. (Middle East Monitor)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Serdadu Tembak Anak Palestina yang Memprotes Penutupan Jalan Syuhada di Al-Khalil
Serangan Serdadu Zionis Lukai Sejumlah Warga Palestina di Tepi Barat »