Puluhan Muhajirin Suriah yang Terdampar Diselamatkan di Lepas Pantai Albania

10 January 2021, 18:19.
Sumber: Aljazeera

Sumber: Aljazeera

ALBANIA (Aljazeera) – Puluhan Muhajirin Suriah telah dibawa kembali ke darat oleh otoritas Albania setelah terdampar selama berjam-jam di perairan yang deras di Laut Adriatik, ketika mereka berusaha mencapai Italia.

55 warga Suriah, termasuk wanita dan anak-anak, terperangkap cuaca buruk selama lebih dari tiga jam pada hari Sabtu (9/1/2021).

Perahu karet yang mereka tumpangi terdampar di delta Sungai Vjosa, sekitar 100 km (60 mil) di selatan ibu kota Albania, Tirana.

“Operasi penyelamatan dan evakuasi orang-orang di atas kapal terjadi dalam kondisi yang sangat buruk; di tengah badai dan gelombang tinggi di laut,” kata polisi Albania dalam sebuah pernyataan.

Enam belas penumpang perahu, termasuk tiga anak, dirawat di rumah sakit setelah itu. Sementara yang lainnya akan dibawa ke pusat pengungsi.

Tidak ada penumpang yang diyakini hilang.

Polisi Albania belum berhasil menemukan oknum yang mengondisikan pemberangkatan puluhan warga Suriah tersebut.

Albania, anggota NATO sejak 2009 dan sedang menjajaki keanggotaan Uni Eropa, bekerja sama dengan badan perbatasan Eropa Frontex untuk mengontrol perbatasan selatannya dengan negara tetangga Yunani, di mana sebagian besar pengungsi tiba.

Lokasi ini telah menjadi titik transit bagi banyak orang dari Asia, Afrika, dan Timur Tengah yang mencoba mencapai Eropa Barat.

Terlepas dari pandemi virus corona, jumlah orang yang dihalangi saat berupaya melewati Albania meningkat lebih dari tiga kali lipat pada tahun 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Aljazeera)

 

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Terbukti Perkuat Genosida, Lembaga HAM Desak Facebook Tutup Akun Militer Myanmar
Hamas Kecam Langkah UEA Impor Barang dari Permukiman Ilegal ‘Israel’ »