Yordania Desak Penjajah ‘Israel’ Hentikan Penggalian di Tembok Buraq Masjid Al-Aqsha

11 January 2021, 20:07.
Foto: Palinfo

Foto: Palinfo

BAITUL MAQDIS (Palinfo) – Yordania, Ahad (10/1/2021), mendesak penjajah ‘Israel’ untuk menghentikan penggalian di Tembok Buraq, di kompleks Masjid al-Aqsha, Baitul Maqdis.

“Penjajah ‘Israel’ harus menghentikan pekerjaan yang sedang berlangsung di Tembok Buraq,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Yordania, Dhaifallah al-Fayez.

Al-Fayez meminta ‘Israel’ untuk menghormati hukum internasional dan menghentikan semua tindakan yang memengaruhi identitas Kota Tua Baitul Maqdis atau mengubah karakternya

Yordania mengecam semua tindakan sepihak yang diambil oleh ‘Israel’ di timur Baitul Maqdis, Kota Tua, dan kawasan di sekitar Masjid al-Aqsha.

Dia menegaskan bahwa Administrasi Urusan Masjid al-Aqsha dan Waqaf Baitul Maqdis Yordania memiliki yurisdiksi eksklusif atas pengelolaan Masjid Aqsha dengan 14,4 hektar tanah, bangunan, halaman, tembok, dan gerbangnya sesuai dengan hukum internasional dan status quo di kota suci.

Dia juga menegaskan bahwa semua pekerjaan pemeliharaan dan pemulihan di Masjid al-Aqsha dan sekitarnya berada dalam kewenangan eksklusif Departemen Waqaf Baitul Maqdis.

Di kompleks Masjid al-Aqsha, terdapat tembok di bagian barat yang merupakan perpanjangan dari dinding Masjid al-Aqsha.

Dalam buku Tarikh Masjidil Aqsha karya Dr Muhammad Hasyim Ghousah, diuraikan tentang “Tembok Buraq yang Mulia”.

Disebut Tembok Buraq karena kendaraan Buraq yang membawa Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alayhi wa sallam pada malam Isra Mi’raj, ditambatkan di samping tembok tersebut.

Panjang tembok ini sekitar 48 m, dan tingginya mencapai 17 m, yang memisahkan jalur jalan bagian barat (Al-Magharibah) dengan Masjid al-Aqsha.

Sejak pembebasan Baitul Maqdis pada masa Umar bin Khattab, administrasi kawasan Masjid al-Aqsha dan sekitarnya, termasuk Tembok Buraq, telah beralih ke umat Islam.

Sementara itu, orang-orang Yahudi mengklaimnya sebagai Tembok Ratapan (Wailing Wall). (Palinfo)

 

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Serdadu Zionis Tembak Enam Pekerja Palestina di Tulkarem
Alat Pemanas Meledak, Anak Suriah Tewas Terbakar di Dalam Tenda Pengungsian »