Palestina Menyambut Antusias Pembangunan Zona Industri Turki di Tepi Barat

15 February 2021, 18:42.
Foto: AP

Foto: AP

PALESTINA (Daily Sabah) – Pemerintah Palestina menyambut baik keputusan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mendirikan zona industri di Kota Jenin, Tepi Barat.

Menteri Ekonomi Palestina, Khaled Al-Osaily, mengatakan dukungan Turki berjumlah $10 juta (TL 70,35 juta) yang ditujukan untuk struktur internal zona industri.

The Official Gazette pada hari Sabtu menerbitkan keputusan oleh Erdogan untuk mengizinkan anak perusahaan Persatuan Kamar Dagang dan Pertukaran Komoditi Turki (TOBB), yakni TOBB BIS Organized Industry and Technology Zones Corp, untuk membangun zona industri di Jenin.

Menurut Menteri Palestina, zona industri akan dilaksanakan dalam dua tahap.

Tahap pertama dibiayai oleh Jerman sekira 24 juta euro ($29,09 juta); yang mencakup semua infrastruktur eksternal. Kemungkinan pembangunan akan selesai pada pertengahan 2021.

Tahap kedua, yang menargetkan infrastruktur internal, dibiayai oleh Turki dan akan menelan biaya sekitar $10 juta, yang diharapkan segera siap.

Al-Osaily menyampaikan terima kasihnya kepada Erdogan, pemerintah Turki, dan rakyatnya atas sikap politik mereka dan dukungan terhadap ekonomi Palestina.

Kehadiran pabrik Turki diharapkan meningkatkan ekspor Palestina.

Al-Osaily juga mengharapkan penciptaan sekitar 5.000 lapangan kerja langsung dan 15.000 lapangan kerja tidak langsung dalam prosesnya.

Ide untuk mendirikan kawasan industri bebas di Jenin dimulai pada 1999, tetapi terhenti beberapa kali sebelum secara praktis dimulai tahun lalu.

Zona industri direncanakan membentang lebih dari 110 hektar dan terletak sekitar 3 kilometer di utara pusat Kota Jenin.

Di zona tersebut akan dibangun pabrik makanan, tekstil, dan perakitan mobil. (Daily Sabah)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Serdadu Zionis Ultimatum Pembongkaran Belasan Rumah Warga Palestina di Nablus
Serdadu Zionis Culik Sejumlah Warga Palestina di Ramallah, Bayt Lahm, dan Jenin; Termasuk Tiga Anak »