Penyelidikan ICC Segera Bergulir, Hamas Serukan Negara Arab Tolak Kunjungan Gembong Zionis Penjahat Perang

6 March 2021, 19:05.
Foto: Palinfo

Foto: Palinfo

PALESTINA (Palinfo) – Gerakan Hamas menyerukan negara-negara Arab untuk memboikot ‘Israel’ dan menolak kunjungan gembong zionis penjahat perang.

Seruan ini mengemuka setelah Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) memutuskan untuk menyelidiki kejahatan perang yang dilakukan oleh penjajah ‘Israel’.

Abdul-Latif al-Qanua, juru bicara Hamas, mengatakan ketika ICC memutuskan untuk membuka penyelidikan atas kejahatan perang ‘Israel’, sejumlah negara Arab justru sedang bersiap untuk menerima kunjungan gembong zionis Benjamin Netanyahu.

Kunjungan gembong zionis ke negara-negara Arab tersebut, khususnya yang telah menormalisasi hubungan dengan penjajah ‘Israel’, hanya akan berfungsi menyembunyikan kejahatan dan bakal menjadi agenda politiknya.

Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) menyatakan akan membuka penyelidikan resmi atas kejahatan perang di wilayah Palestina yang diduduki.

Keputusan tersebut diambil setelah ICC memutuskan pada 5 Februari bahwa mereka memiliki yurisdiksi dalam kasus tersebut, yang mendorong penolakan cepat dari Amerika Serikat (AS) dan penjajah ‘Israel’.

“Keputusan untuk membuka penyelidikan menyusul pemeriksaan pendahuluan yang melelahkan yang dilakukan oleh ICC – yang berlangsung hampir lima tahun,” kata Jaksa Penuntut Fatou Bensouda.

“ICC akan mengambil pendekatan berprinsip, non-partisan, yang telah diadopsi dalam semua situasi di mana yurisdiksinya direbut.”

Bensouda, yang akan digantikan oleh jaksa penuntut Inggris Karim Khan pada 16 Juni, mengatakan pada Desember 2019 bahwa “kejahatan perang telah atau sedang berlangsung di Tepi Barat, termasuk Baitul Maqdis Timur dan Jalur Gaza”.

Hazem Qassem, juru bicara Hamas di Gaza, kepada Reuters, mengatakan pihaknya menyambut baik keputusan ICC untuk menyelidiki kejahatan perang penjajah ‘Israel’ terhadap rakyat Palestina.

Hazem menyebutnya sebagai langkah maju untuk mencapai keadilan. (Palinfo)

 

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Hamas Kecam Keras Rencana Penjajah ‘Israel’ Pasang Elevator di Masjid Ibrahimi
Gelar Aksi Solidaritas untuk Syaikh Raed Salah, Pemuda Jaffa: “Jutaan Warga Palestina Siap Pertahankan Al-Aqsha” »