Lembaga Pemantau HAM: “97% Air di Gaza Telah Terkontaminasi”

7 October 2021, 18:20.
Foto: Palinfo

Foto: Palinfo

GAZA (Palinfo) – Organisasi internasional telah memperingatkan bahwa penduduk Gaza perlahan-lahan diracuni.

Pasalnya, 97 persen air di wilayah Gaza menjadi tidak dapat diminum akibat blokade ketat penjajah zionis selama bertahun-tahun.

Fakta tentang kelangkaan air ini terungkap dalam pernyataan lisan bersama yang dirilis pada hari Senin oleh lembaga pemantau Hak Asasi Manusia Euro-Mediterania dan Institut Global untuk Air, Lingkungan dan Kesehatan (GIWEH) selama sesi ke-48 Dewan Hak Asasi Manusia (HRC).

Juru bicara kedua organisasi tersebut berbicara pada HRC bahwa Euro-Med Monitor dan GIWEH ingin menggalang perhatian masyarakat internasional atas kerusakan parah dalam keamanan stok air di Gaza.

Terutama karena pengepungan berkepanjangan zionis, diselingi serangan militer berkala.

Selain itu, diketahui bahwa 97 persen air Gaza telah terkontaminasi, yang diperburuk secara substansial oleh krisis listrik yang parah dan menghambat pengoperasian sumur air dan pabrik pengolahan limbah.

Hal itu menyebabkan sekira 80 persen limbah Gaza yang tidak diolah terpaksa dibuang ke laut dan 20 persen meresap ke dalam air bawah tanah.

Krisis air ini semakin diperparah dengan serangan zionis ‘Israel’ di Gaza Mei lalu yang menghantam infrastruktur yang kondisinya sudah menurun, terutama di sektor air.

Krisis air juga menghadirkan ancaman serius bagi kesehatan penduduk yang terkepung, di mana data terbaru menunjukkan bahwa sekira seperempat penyakit yang menyebar di Gaza disebabkan oleh polusi air.

12 persen kematian anak-anak dan bayi diketahui terkait dengan penyakit usus, yang berhubungan dengan air yang terkontaminasi.

“Tidak ada pembenaran untuk situasi ini. Penjajah zionis dan masyarakat internasional harus menjamin hak warga Gaza atas keamanan air,” kata juru bicara lembaga HAM. (Palinfo)

 

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Dua Hari Berturut-turut, Gerombolan Pemukim Ilegal Aniaya Penggembala Palestina di Utara Lembah Yordan
Berlindung di Balik Putusan “Pengadilan” Zionis, Pemukim Ilegal Lakukan “Doa Hening” di Masjidil Aqsha »