Pengoperasian Pembangkit Listrik Terganggu, Layanan Kesehatan di Gaza Kian Terancam

8 August 2022, 05:59.
Foto: Palinfo

Foto: Palinfo

GAZA (Palinfo) – Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, Sabtu (6/8/2022), mengumumkan dimulainya hitung mundur 72 jam untuk penutupan layanan kesehatan akibat penghentian sementara pengoperasian pembangkit listrik di Jalur Gaza.

Kementerian menyatakan bahwa jam-jam berikutnya akan sangat kritis dan sulit.

“Pemadaman listrik menimbulkan ancaman serius terhadap layanan departemen vital di rumah sakit. Seperti departemen darurat, perawatan intensif, operasi, departemen dialisis, laboratorium, pembibitan, binatu, di samping sistem oksigen dan pasokan gas medis,” kata pihak kementerian.

Penutupan pelintasan Beit Hanoun–di tengah kebutuhan darurat perawatan pasien ke luar negeri, serta ketidakmampuan untuk mengantar pasien yang berada dalam situasi genting–memperburuk keadaan kesehatan penduduk. Terutama pasien tumor dan penyakit jantung.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Palestina, Ashraf al-Qadra, menekankan bahwa serangan udara penjajah menargetkan daerah permukiman; yang meningkatkan jumlah anak-anak, perempuan, dan warga sipil yang tewas dan terluka parah.

“Kami menyerukan untuk mendukung sektor kesehatan Palestina dan membuka pelintasan untuk memungkinkan pasien Palestina dirawat di luar negeri,” kata al-Qadra.

Ia mendesak agresi zionis ‘Israel’ ke wilayah Gaza harus segera dihentikan, selain menyerukan perlunya langkah fasilitasi terhadap pengangkutan semua pasokan medis ke Gaza.

Mengingat perkembangan di lapangan, Kementerian Kesehatan telah mengumumkan penangguhan kegiatan di semua klinik eksternal dan operasi terjadwal, guna menyediakan akses operasi darurat bagi para korban serangan penjajah zionis.

Pembangkit listrik di Gaza terpaksa berhenti beroperasi untuk sementara waktu, mulai Sabtu (6/8/2022) siang.

Penghentian operasi dilakukan gara-gara penutupan pelintasan oleh penjajah zionis; yang mengakibatkan pembangkit listrik kekurangan bahan bakar. (Palinfo)

 

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« VIDEO – 7 Agustus, Sedikitnya 2.201 Pemukim Ilegal Yahudi Terobos Masjidil Aqsha
Sejumlah Negara dan Lembaga HAM Mengecam Keras Agresi Zionis ‘Israel’ terhadap Gaza »