Mesir Stop Pemberian Visa untuk Warga Gaza

15 August 2012, 11:20.

JAKARTA, Rabu (Sahabatalaqsha.com): Sejumlah warga Palestina terdampar di luar negeri karena Mesir menolak visa transit mereka untuk kembali ke Gaza. Beberapa di antara mereka berada di Libanon, Turki, Libia dan Kenya.

Warga Gaza hanya dapat masuk ataupun meninggalkan Gaza melalui perbatasan Rafah di Mesir akibat blokade ‘Israel’. Salim, salah seorang warga Gaza di Istanbul mengatakan kepada Maan News bahwa pihak konsulat Mesir telah diperintahkan oleh pemerintahnya agar berhenti mengeluarkan visa untuk warga Palestina.

Warga Palestina lainnya yang juga berada di Istanbul menuturkan, pihak konsulat memberitahukan dirinya bahwa beberapa orang Palestina telah membunuh sejumlah tentara Mesir di Sinai. Ini, ujarnya, menjadi alasan pemerintah Mesir untuk berhenti mengeluarkan visa bagi warga Palestina.

Seorang warga Palestina di Algeria mengaku telah memesan tiket penerbangan ke Kairo namun kemudian ia diberitahukan tidak dapat terbang. Pihak maskapai, ungkapnya, juga menolak untuk menunda tiketnya.

Sejumlah warga Palestina telah dilaporkan mengalami masalah untuk kembali ke Gaza via Mesir sejak serangan yang menewaskan 16 tentara Mesir di dekat perbatasan Gaza pada Minggu (5/ 8/ 2012) lalu. Hamas telah menegaskan bahwa warga Gaza tidak terlibat dalam serangan itu.

Salah satu langkah yang diambil Mesir setelah serangan itu adalah menutup perbatasan Rafah dan hanya membukanya sesekali. Direktur perbatasan Palestina mengatakan bahwa perbatasan itu dibuka dua arah selama tiga hari mulai Selasa (14/ 8/ 20012) kemarin. Pembukaan perbatasan ini diutamakan bagi warga yang perlu bepergian untuk tujuan khusus, seperti sekolah dan berobat. (MR/ Sahabat al-Aqsha)

image

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Belum 40 Tahun? Dilarang Masuk Masjidil Aqsha
Apa Hak Mereka? Penjajah Zionis Larang Pria di Bawah 40 Tahun Masuk ke Masjid Al-Aqsha »