Kapal Turki Selamatkan 80 Pengungsi Libya di Perairan Malta

21 July 2021, 13:18.
Pengungsi Libya terlihat di Laut Mediterania, 18 Juli 2021 (Courtesy of the Turkish Defense Ministry)

Pengungsi Libya terlihat di Laut Mediterania, 18 Juli 2021 (Courtesy of the Turkish Defense Ministry)

TURKI (Daily Sabah) – Kapal fregat TCG Gediz Turki, yang sedang bertugas melakukan pemantauan di Libya, menyelamatkan 80 pengungsi – yang menumpang sebuah kapal – yang terseret menuju Pantai Tunisia.

Kementerian Pertahanan Turki mengatakan kapal fregat bertindak setelah menerima informasi tentang para pengungsi dan bergegas ke wilayah tersebut.

Sebuah helikopter di TCG Gediz melakukan upaya pencarian kapal di wilayah perairan Malta.

Setelah kapal ditemukan, melalui koordinasi dengan pihak berwenang Malta, para pengungsi di perahu kayu diselamatkan oleh TCG Gediz.

Turki sebelumnya telah meminta masyarakat internasional untuk menemukan akar masalah dan solusi konkret masalah pengungsian yang terus terjadi.

Turki berharap agar negara-negara di dunia mau berbagi beban yang sama, setelah 43 orang hilang ketika kapal yang membawa 127 pengungsi tenggelam di Laut Tengah.

Dikatakan Turki, sebanyak 866 pengungsi telah kehilangan nyawa mereka di Laut Tengah pada tahun 2021.

“Alasan pergerakan pengungsi terus terjadi karena ketidakstabilan yang berkelanjutan, konflik, dan kemiskinan di Afrika Subsahara, Afghanistan, dan Suriah,” kata Kementerian Luar Negeri Turki.

“Fakta bahwa koordinasi tanggung jawab pencarian dan penyelamatan di laut dalam Uni Eropa masih belum terjamin, serta fakta bahwa tanggung jawab internasional sedang diarahkan untuk dibebankan ke negara-negara tempat transit, merupakan ancaman terhadap hak hidup para pengungsi,” ujar pihak kementerian. (Daily Sabah)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Lima Anggota Teroris PKK Menyerah, Upaya Persuasif Turki Kian Jitu
Ditawan Secara Zhalim, 11 Tawanan Palestina Lakukan Aksi Mogok Makan »