ICRC: “Penjajah ‘Israel’ Hancurkan Lebih dari 9.300 Pohon Zaitun di Tepi Barat dalam Setahun”

14 October 2021, 20:58.
Foto: Issam RimawiAnadolu Agency (Arsip)

Foto: Issam RimawiAnadolu Agency (Arsip)

PALESTINA (Middle East Monitor) – Lebih dari 9.300 pohon zaitun telah dihancurkan di Tepi Barat sejak Agustus 2020, menurut Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

Dengan musim panen zaitun yang sedang berlangsung, ICRC mendesak penjajah ‘Israel’ untuk memastikan akses yang aman, tepat waktu, dan memadai bagi warga Palestina ke kebun zaitun mereka.

“Selama bertahun-tahun, ICRC telah mengamati bahwa puncak musiman kekerasan oleh pemukim ilegal ‘Israel’ terhadap petani Palestina terjadi pada periode menjelang musim panen zaitun, serta selama musim panen, pada Oktober dan November,” kata Els Debuf, kepala misi ICRC di Baitul Maqdis.

“Petani juga mengalami tindakan pelecehan dan kekerasan yang bertujuan untuk mencegah keberhasilan panen. Ditambah perusakan peralatan pertanian, penebangan dan pembakaran pohon zaitun,” ujarnya.

Selasa (12/10/2021), pemukim ilegal ‘Israel’ menebang 900 pohon zaitun dan aprikot, serta mencuri buah zaitun di Desa Sebastia, di Kota Nablus, Tepi Barat terjajah.

Kantor berita Palestina Wafa melaporkan, pemukim ilegal juga menebang 70 pohon di Masafer Yatta, selatan Kota Al-Khalil.

ICRC menyatakan mendukung petani Palestina, untuk membantu mereka mencapai tanah mereka dengan aman dan tepat waktu.

Umumnya pada bulan Oktober setiap tahun, panen zaitun merupakan sumber penghidupan yang penting bagi ribuan keluarga Palestina.

Dengan lebih dari 12 juta pohon zaitun ditanam di hampir separuh lahan pertanian Tepi Barat, minyak zaitun tidak hanya penting bagi ketahanan pangan Palestina, tetapi juga merupakan bagian besar dari ekspor mereka.

Selain itu, pohon zaitun merupakan simbol keterikatan Palestina dengan tanah mereka.

Karakteristik pohon zaitun yang tahan kekeringan, mampu tumbuh di bawah kondisi tanah yang gersang, serta hidup dan menghasilkan buah selama ribuan tahun; menggambarkan perlawanan dan ketahanan rakyat Palestina dalam menghadapi penjajahan zionis ‘Israel’. (Middle East Monitor)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Anak Suriah Tewas Akibat Ledakan Bom Rakitan di Pinggiran Timur Aleppo
Ratusan Tawanan Palestina Kompak Lakukan Aksi Mogok Makan »