Puluhan Tahun Dedikasikan Hidup Dukung Perjuangan Rakyat Palestina, Dokter Australia Tutup Usia di Gaza

29 November 2022, 19:03.
Foto: pmc.gov.au

Foto: pmc.gov.au

PALESTINA (pmc.gov.au | medicotopics.com) – Jean Calder, seorang dokter asal Australia, meninggal pada usia 85 tahun di Khan Younis, Jalur Gaza, setelah bertahun-tahun mendukung perjuangan warga Palestina.

Dari sebuah garasi tua di Jalur Gaza yang porak poranda, Jean Calder telah membangun salah satu program yang paling menuai simpati di dunia untuk membantu orang-orang cacat dan korban perang.

Keinginannya yang kuat untuk menciptakan perubahan, membawanya dari karir yang sukses sebagai dokter di Australia menjadi relawan kemanusiaan di tengah peperangan.

Ia bekerja keras mendampingi para Muhajirin saat mereka menghadapi pembantaian dan pertempuran terus-menerus.

Selama 42 tahun, Jean telah mempertaruhkan nyawanya dalam merawat dan merehabilitasi masyarakat korban konflik di Lebanon, Mesir, dan Palestina.

Jean tergabung dalam Bulan Sabit Merah Palestina dan menjabat sebagai direktur di sebuah pusat rehabilitasi di kota Al-Amal, Gaza.

Komitmennya yang sangat besar terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan kepeduliannya terhadap kesejahteraan orang cacat membuat perbedaan besar bagi kehidupan banyak orang di Palestina. Namanya tersiar harum di seluruh Timur Tengah dan di negara asalnya Australia.

“Saya orang Australia dan bangga menjadi orang Australia,” kata Jean suatu ketika.

“Saya juga bangga bisa berdiri di samping orang-orang Palestina. Saya pikir, fakta bahwa saya adalah orang asing di sini… mereka merasa itu adalah dukungan moral. Mereka tidak sendirian di dunia ini.”

Atas layanan kemanusiaan yang menginspirasi dunia, kepemimpinan dan komitmen terhadap dunia internasional, dan sumbangsih besarnya di bidang akademis dan profesional, Jean menerima penghargaan sipil tertinggi di negara asalnya, Companion of the Order of Australia pada tahun 2005. (pmc.gov.au | medicotopics.com)

 

 

 

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Berbincang dengan Pemimpin Hamas, Anwar Ibrahim Tegaskan Dukung Perjuangan Rakyat Palestina
Pasca Kebakaran Melanda Apartemen Uyghur: Aksi Protes Menyebar Luas, Rezim Cina Perketat Pengawasan »