AS Bantu Mesir Hancurkan Terowongan Gaza

17 September 2013, 07:22.
Seorang warga Gaza membawa masuk seekor anak sapi lewat terowongan rahasia. foto: BT'Selem

Seorang warga Gaza membawa masuk seekor domba lewat terowongan rahasia. foto: BT’Selem

YOGYAKARTA, Selasa (Sahabatalaqsha.com): Sejumlah sumber intelijen mengungkapkan bahwa Amerika Serikat (AS) memberikan kontrak senilai US$10 juta kepada perusahaan Raytheon Technologies untuk mendeteksi keberadaan terowongan-terowongan di bawah perbatasan Mesir-Jalur Gaza. Terowongan-terowongan yang untuk mengirimkan barang-barang keperluan vital warga Jalur Gaza ini kini dihancurkan oleh rezim militer Mesir.

Seperti dikutip dari kantor berita Alray, kerja sama antara Mesir dan AS sudah dimulai sejak 2007 namun program pendeteksian terowongan itu dihentikan ketika masa pemerintahan Presiden Mesir terpilih, Muhammad Mursi. “Ketika rezim militer Mesir yang bertentangan dengan pemerintahan Hamas di Gaza mengambil alih kekuasaan Mesir, kesepakatan dengan AS itu dilanjutkan kembali,” ujar sumber itu.

Tahun 2008, lanjut sumber itu, AS memasok Mesir peralatan senilai US$23 juta untuk mendeteksi keberadaan terowongan. Peralatan ini termasuk alat sensor, kendaraan yang dikendalikan jarak jauh, mesin penggali dan kamera infra merah.* (MR/ Sahabat Al-Aqsha)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina - Mendobrak Tembok Gaza

« (Update) Poster Qurban Suriah & Palestina 1434: Sahabat Al-Aqsha | Sahabat Suriah
Anggota Parlemen Zionis Minta Para Penjaga Masjidil Aqsha Diusir »