Blokade Jalan Baitul Maqdis, Serdadu Halangi Petani Palestina Memanen Zaitun

14 October 2020, 21:38.
Foto: Palinfo

Foto: Palinfo

BAITUL MAQDIS (Palinfo) – Serdadu zionis ‘Israel’, Selasa (13/10/2020), menghalangi para petani Palestina memasuki lahan mereka untuk memanen buah zaitun di Desa Jib, barat laut Baitul Maqdis.

Serdadu menutup pos pemeriksaan yang menghubungkan Baitul Maqdis dengan desa-desa di wilayah barat lautnya dan menghalangi para petani mengakses lahan mereka.

Blokade terhadap para petani merupakan ancaman bagi proses panen zaitun dan menyebabkan kerugian ekonomi yang besar bagi petani.

Desa tersebut bergantung pada sektor pertanian sebagai sumber pendapatan utamanya.

Selain itu, petani desa menghadapi banyak kesulitan dalam memasarkan produknya di Baitul Maqdis, terutama karena kebijakan yang zhalim dan menindas.

Luas desa diperkirakan lebih dari 9.000 dunum atau 900 hektar.

Sekitar 4.500 dunum atau 450 hektar disita untuk membangun permukiman ilegal Givat Ze’ev dan sejumlah ruas jalan, seperti Jalan Tel Aviv-Baitul Maqdis.

Penjajah ‘Israel’ juga menyita lebih dari 400 dunum atau 40 hektar tanah untuk membangun tembok pemisah dan permukiman ilegal Gibeon.

Desa Jib menjadi sasaran pengepungan ketat penjajah dalam upaya mengontrolnya; karena lokasinya yang penting dan strategis.

Penjajah mendesak penduduk Palestina untuk pergi dari desa itu setelah mengepungnya dengan permukiman ilegal di semua sisi dan menutupnya dengan tembok pemisah.

Serdadu mengeluarkan puluhan perintah untuk menutup daerah dan ratusan hektar lahan pertanian yang ditanami zaitun di berbagai bagian Tepi Barat, bertepatan dengan awal musim panen zaitun.

Perintah serdadu mendorong para pemukim ilegal Yahudi untuk melanggar batas ladang zaitun warga Palestina, menjarah hasil panen, serta menebang dan membakar pohon; di bawah perlindungan serdadu zionis. (Palinfo)

 

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Serdadu Zionis Hancurkan Lahan Pertanian di Wilayah Tenggara Gaza
Solidaritas terhadap Maher Al-Akhras, 30 Tawanan di Penjara Ofer Lakukan Aksi Mogok Makan »