Kelamaan Menunggu Izin Berobat Dari Zionis, Bayi 7 Bulan Meninggal Akibat Gagal Ginjal

2 January 2012, 13:20.

JAKARTA, Senin (Sahabatalaqsha.com): Seorang bayi berusia tujuh bulan yang menderita gagal ginjal meninggal di rumah sakit Gaza, setelah menunggu izin berobat ke luar Gaza dari otoritas ‘Israel’ yang tidak kunjung datang.

Bayi bernama Adham Baroud ini meninggal di rumah sakit anak Al Rantissi di kota Gaza pada Senin (26/ 12/ 2011) lalu. Pada 1 Desember, ia dirujuk ke ‘Israel’ untuk operasi darurat oleh dokternya.

Salah seorang dokter yang sempat menangani Adham, Dr. Mustafa Al Aqila mengatakan, bayi malang ini dirujuk untuk berobat ke rumah sakit ‘Israel’ setelah dipasangi kateter empat bulan sebelumnya, sehabis menjalani operasi di ‘Israel’. Anak lelaki ini lahir dengan masalah ginjal bawaan yang memerlukan pengobatan khusus yang tidak tersedia di Gaza.

“Adham harus segera dioperasi dan kami tidak bisa menyediakan fasilitas itu di Gaza,” ujar Dr. Al Aqila. “Karena itu, kami menunggu izin dari otoritas ‘Israel’ agar dapat mengirimnya berobat ke luar Gaza,”.

Dr. Al Aqila sangat menyayangkan karena Adham akhirnya tidak dapat tertolong. Dia sendiri sangat ingin mengembangkan fasilitas pelayanan kesehatannya, namun terbentur oleh blokade Zionis.

Saat ini, pelayanan kesehatan di Jalur Gaza mengalami krisis alat-alat cuci darah untuk pasien gagal ginjal. Padahal, sedikitnya terdapat 450 penduduk Palestina, termasuk 15 orang anak-anak yang menderita gagal ginjal.

Selain terhalang blokade Zionis, krisis obat-obatan juga terkait dengan kurangnya koordinasi antara Kementerian Kesehatan di Ramallah yang bertanggung jawab memesan dan mengirimkan pasokan obat ke Gaza dengan mitranya di Gaza.

Pekan lalu, sekitar 960 filter dialisis telah dikirim dari Tepi Barat ke Gaza. Namun jumlah ini masih kurang karena dibutuhkan ribuan filter dialisis untuk mengobati masalah gagal ginjal di Gaza. (MR/ Sahabat Al-Aqsha)

20120102-131921.jpg

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Penjajah Zionis Terus Hancurkan Rumah Warga Palestina
Sahabat Al-Aqsha Safari Nonton Bareng “Tears of Gaza” »