Danai Penjara ‘Israel’, Bill Gates Berkilah

9 May 2014, 11:20.
Para aktivis berdemonstrasi di depan kantor Yayasan Gates agar yayasan tersebut menarik investasinya dari G4S yang bekerja sama dengan penjajah zionis 'Israel. Foto: Electronic Intifada

Para aktivis berdemonstrasi di depan kantor Yayasan Gates agar yayasan tersebut menarik investasinya dari G4S yang bekerja sama dengan penjajah zionis ‘Israel. Foto: Electronic Intifada

AL-QUDS TERJAJAH, Kamis (Electronic Intifada): Ribuan orang turun berdemonstrasi ke jalan-jalan di Palestina pekan lalu untuk membela nasib 5.000 tahanan politik Palestina yang berada di penjara penjajah zionis ‘Israel’. Demonstrasi tersebut juga merupakan aksi solidaritas bagi tahanan politik Palestina yang ditahan di berbagai penjara dunia, mulai dari Buenos Aires hingga Brussels.

Ribuan orang itu berkumpul di depan markas G4S di London, perusahaan keamanan swasta yang membantu penjajah zionis ‘Israel’ menjalankan sistem penjara. Protes juga digelar di depan kantor-kantor Yayasan Bill dan Melinda Gates di London, Johannesburg, dan Seattle. Yayasan Bill dan Melinda Gates adalah yayasan amal terbesar yang berinvestasi sebanyak 170 juta dolar Amerika di perusahaan G4S.

Salinan petisi yang ditandatangani lebih dari 11.500 orang menyatakan bahwa saham Yayasan Gates di G4S membuatnya terlibat pula dalam sistem penjara ‘Israel’ beserta penyiksaan dan ketidakadilan yang ada di dalamnya. Petisi tersebut menyatakan, Yayasan Gates tidak menunjukkan kesesuaian slogan mereka bahwa “setiap kehidupan memiliki nilai yang sama” dengan berinvestasi di G4S.

Yayasan Gates Berkilah

Yayasan Bill dan Melinda Gates berkilah dengan mengatakan bahwa investasi mereka di perusahaan G4S adalah entitas terpisah dari Yayasan Gates. Strategi investasi tersebut ditetapkan oleh manajer investasi. Padahal, jelas-jelas tertulis dalam kebijakan investasi mereka bahwa, “Ketika menginstruksikan manajer investasi, Bill dan Melinda juga mempertimbangkan isu-isu lain di luar keuntungan perusahaan, termasuk nilai-nilai yang dianut yayasan.”

Dalam kebijakan investasi juga dijelaskan wilayah yang tidak akan diinvestasikan oleh Yayasan Gates, seperti perusahaan yang memiliki aktivitas mengerikan. Padahal, G4S telah menunjukkan kegiatan mengerikan mereka, seperti mendukung aktif penyiksaan manusia di penjara Palestina, di penjara Afrika Selatan, di sistem migrasi dan deportasi Inggris, serta berbagai pelanggaran lainnya.

Demonstrasi dan seruan agar G4S mengakhiri kerja samanya dengan sistem penjara penjajah zionis ‘Israel’ terus meningkat menjelang rapat umum pemegang saham yang akan diadakan pada 5 Juni mendatang. * (Electronic Intifada)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina - Mendobrak Tembok Gaza

« 13.000 Pasien Kanker di Gaza Hanya Ditangani Empat Dokter
Dalam Sebulan, 222 Rakyat Palestina Terluka Karena Serangan ‘Israel’ »