39 Muslim Rohingya Ditangkap Militer Myanmar di Kota Ayeyarwaddy

6 January 2023, 18:50.
Sumber: Mizzima.com

Sumber: Mizzima.com

MYANMAR (Mizzima.com) – Sebanyak 39 Muslim Rohingya ditangkap oleh militer Myanmar, Senin 2 Januari, pukul 10:30 pagi di Hinthada, Kota Ayeyarwaddy.

Puluhan warga Rohingya tersebut sebelumnya bersembunyi di dalam kendaraan pengangkut batu dalam upayanya menyelamatkan diri dari kekejaman militer di tanah airnya, Arakan (sekarang Rakhine).

Menurut seorang saksi mata setempat, kendaraan tersebut tidak mau berhenti di sebuah pos pemeriksaan sehingga dikejar oleh petugas.

Sebanyak 36 pria dan tiga wanita Rohingya yang bersembunyi di dalam ditangkap, tetapi pengemudi dan petugas kendaraan berhasil melarikan diri.

Sebuah sumber yang dekat dengan kepolisian mengklaim bahwa militer telah membawa 39 warga Rohingya tersebut ke kantor polisi Hinthada, di mana mereka akan ditahan sesuai dengan undang-undang zalim yang berlaku.

Salah satu pendiri Free Rohingya Coalition, Ro Nay San Lwin, mengklaim bahwa setelah kudeta, pasukan keamanan semakin gencar menahan warga Rohingya yang berusaha keluar dari Negara Bagian Rakhine, terutama yang melalui jalur darat.

Pada tahun 2022, lebih dari 600 warga Rohingya ditahan, dan lebih dari 100 di antaranya saat ini masih berada di penjara di Ayeyarwaddy. (Mizzima.com)

 

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Tahun 2022, Penjajah Zionis ‘Israel’ Sekap 130 Wartawan Palestina
Mwatana: “Tahun 2022, Terjadi 1.066 Kasus Kekerasan terhadap Warga Sipil Yaman; 388 Orang Tewas” »