Serdadu Zionis Tahan Guru di Pos Pemeriksaan, Tembakkan Gas Airmata di Sekolah

9 February 2018, 21:04.
Serdadu Zionis menembakkan gas airmata ke arah warga Palestina di Tepi Barat pada 15 Mei 2017. Foto: Mamoun Wazwaz/Anadolu Agency

Serdadu Zionis menembakkan gas airmata ke arah warga Palestina di Tepi Barat pada 15 Mei 2017. Foto: Mamoun Wazwaz/Anadolu Agency

LONDON, Jum’at (Middle East Monitor): Sekelompok guru Palestina ditahan sebentar oleh serdadu Zionis kemarin (8/2) pagi saat dalam perjalanan menuju sekolah di Kota Tua Al-Khalil, bagian selatan Tepi Barat terjajah. Kantor berita resmi milik Otoritas Palestina, Wafa, memberitakan guru-guru yang semua wanita itu sedang menuju sekolah Qurtoba di Kota Tua ketika gerombolan serdadu Zionis yang mangkal di pos pemeriksaan militer di Jalan Syuhada melarang mereka lewat.

Hanya setelah Palang Merah dan perantara Palestina campur tangan barulah para serdadu Zionis mengizinkan guru-guru itu melanjutkan perjalanan mereka. Alasan mengenai penahanan singkat mereka masih belum jelas.

Sementara itu, para serdadu Zionis menembakkan gas airmata di sekolah-sekolah di daerah selatan kota Al-Khalil. Sejumlah siswa sesak nafas dan hilang kesadaran karena menghirup gas.

Menurut laporan lembaga hak hukum BADIL tahun 2016, ada sekitar 6.500 warga Palestina dan 800 ekstremis Yahudi tinggal di Kota Tua Al-Khalil.

Warga Palestina di Kota Tua harus menghadapi keberadaan serdadu Zionis dalam jumlah besar setiap hari, dengan setidaknya 32 pos pemeriksaan permanen dan parsial yang didirikan di pintu-pintu masuk jalan. Detektor logam dan pembatas jalan juga ditempatkan di pintu masuk Masjid Ibrahimi.

Warga Palestina juga tidak diizinkan berkendara di Jalan Al-Syuhada, rumah-rumah dan toko-toko mereka di jalan tersebut ditutup dengan las, serta tidak diizinkan berjalan di jalan-jalan tertentu di Kota Tua. Sementara para pemukim ilegal Yahudi bebas bergerak ke mana pun.* (Middle East Monitor | Sahabat Al-Aqsha)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« 90% Produk Tak Layak Konsumsi di Tepi Barat Buatan ‘Israel’
Otoritas Zionis Dorong Pemukim Ilegal Yahudi Ramai-ramai Serbu Masjidil Aqsha »