Penjajah Zionis Mulai Bangun Museum di Dekat Tembok Buraq Masjidil Aqsha

17 February 2018, 15:09.
Pemandangan Kompleks Masjidil Aqsha di Baitul Maqdis pada 23 Juli 2017. Foto: Mostafa Alkharouf/Anadolu Agency

Pemandangan Kompleks Masjidil Aqsha di Baitul Maqdis pada 23 Juli 2017. Foto: Mostafa Alkharouf/Anadolu Agency

LONDON, Sabtu (Middle East Monitor): Otoritas penjajah ‘Israel’ mulai mengerjakan proyek museum serbaguna baru di dekat Tembok Buraq (kaum Yahudi menyebutnya “Tembok Barat (atau Ratapan) Kompleks Masjidil Aqsha pada Rabu (14/2) lalu. Museum yang dibangun di Timur Baitul Maqdis itu juga berstatus ilegal berdasarkan hukum internasional sebagaimana permukiman ilegal Yahudi yang tersebar di seluruh kota terjajah dan Tepi Barat.

Museum Beit HaLiba yang dikelola pemerintah itu kabarnya akan meliputi ruang-ruang pemutaran film, perpustakaan untuk wisatawan, pusat informasi pariwisata dan kantor polisi.

Menurut salah seorang pakar Palestina untuk urusan Baitul Maqdis Jamal Amro, otoritas penjajah sedang berupaya mengubah identitas kota suci itu. Museum tersebut, ungkap Amro, dibangun di atas reruntuhan kawasan Muslim. “Proyek baru ini bertujuan untuk menciptakan jalur berbeda bagi wisatawan sehingga para pengunjung asing tidak melihat situs-situs Islam di Baitul Maqdis,” jelasnya. “Para wisatawan hanya akan diperlihatkan sinagog-sinagog Yahudi dan terowongan-terowongan.”

Amro juga memperingatkan proyek-proyek permukiman ilegal yang akan dimulai otoritas penjajah di dekat Masjidil Aqsha. Ia menyatakan bahwa pemerintah kota Baitul Maqdis yang dikontrol ‘Israel’ telah mengumumkan proyek 50 permukiman ilegal sejak Amerika Serikat mengklaim Baitul Maqdis sebagai ibukota ‘Israel’ pada Desember lalu.

Juni lalu, otoritas ‘Israel’ menyetujui anggaran untuk membangun dan mengembangkan Plaza Al-Buraq. Rencana khusus itu meliputi penggalian arkeologi, memperbaiki fasilitas transportasi dan aktivitas budaya bagi para pelajar Yahudi dan serdadu Zionis.* (Middle East Monitor | Sahabat Al-Aqsha)

Update Kabar Al-Aqsha dan Palestina via Twitter @sahabatalaqsha
Berikan Infaq terbaik Anda. Klik di sini.


Posting ini berada dalam kategori : Kabar Al-Aqsha & Palestina

« Komite Islam-Kristen Kecam Proyek Pembangunan di Dekat Masjidil Aqsha
Pelanggaran Baru ‘Israel’ terhadap Baitul Maqdis dan Masjidil Aqsha »